Varian Baru Corona E484K Muncul, Harus Panik Enggak Ya?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 08:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 481 2390603 varian-baru-corona-e484k-muncul-harus-panik-enggak-ya-OhPx3lY0ge.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Belum lama ini dunia digemparkan dengan penemuan varian baru virus Corona E484K. Varian ini merupakan hasil mutasi corona dari varian B117 asal Inggris yang terkenal memiliki kemampuan menyebar lebih cepat.

Sama seperti pendahulunya, varian E484K juga memiliki kemampuan menyebar yang sangat cepat. Dalam tempo beberapa lama saja, sudah banyak variant virus baru yang bermunculan, lantas haruskah seseorang panik dengan hal tersebut?

Mutasi Virus

Baca Juga : Ditemukan Mutasi Virus Corona E484K, Ini Penjelasan Genetikanya

Baca juga: Muncul Varian Baru Corona E484K, Ini Upaya yang Dilakukan Pemerintah

Merangkum dari Instagram resmi Satgas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Selasa (7/4/2021), mencoba untuk menjelaskan terkait mutasi virus agar tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat.

“Mutasi merupakan sifat virus untuk mempertahankan diri. Kecepatan mutasi virus penyebab Covid-19 lebih rendah dibanding HIV dan virus influenza lainnya,” tulis unggahan tersebut.

Mutasi Virus

Tentunya terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk menghadapi virus yang bermutasi. Beberapa caranya adalah.

1. Tetaplah disiplin menerapkan 3M (Mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan).

2. Perkuat sistem imun tubuh dengan berolahraga, istirahat cukup, hati gembira, dan makan makanan bergizi.

3. Lakukanlah vaksinasi saat mendapatkan kesempatan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini