8 Kiat Tetap Aman dan Produktif Bekerja dengan Budaya Kerja Remote

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 481 2390641 8-kiat-tetap-aman-dan-produktif-bekerja-dengan-budaya-kerja-remote-kE8ZYo38ac.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Selama masa pandemi, pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan laju kasus aktif Covid-19 di masyarakat. Alhasil banyak kegiatan yang dilakukan secara online oleh masyarakat, salah satunya adalah bekerja.

Saat ini bekerja dari rumah atau biasa dikenal dengan sebutan Work from Home (WFH) menjadi cara efektif untuk mencegah penularan virus di perkantoran. Namun masyarakat membutuhkan adaptasi selama bekerja secara online dari rumah.

Tips Kerja

Merangkum dari dari Instagram resmi Satgas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Selasa (7/4/2021), adaptasi kebiasaan baru dalam bekerja perlu diterapkan agar masyarakat lebih produktif dalam bekerja.

Baca Juga : Tampil Anggun, Ririn Ekawati Tenteng Tas Merah Rp326 Juta saat Resepsi Aurel-Atta

Salah satunya dengan membudayakan kerja Remote. Setidaknya ada delapan kiat yang dapat dilakukan melalui kerja Remote. Beberapa di antaranya adalah :

Tips Aman Kerja

1. Susun prosedur dan alur kerja yang jelas.

2. Siapkan sarana online untuk rapat virtual.

3. Jadwalkan rapat virtual secara berkala.

4. Ubah wajib hadir ke orientasi pada hasil.

5. Pastikan agenda kerja saling terhubung.

6. Ubah pos transportasi ke tunjangan internet.

7. Utamakan budaya kerja kolaborasi tim.

8. Bertahap, lakukan sift masuk bergantian.

Dengan menjalankan delapan kiat bekerja Remote, maka seseorang bisa mencegah penularan virus Covid-19, namun tetap produktif dalam bekerja.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini