Ketahui 4 Mutasi Virus Corona yang Dianggap Paling Berbahaya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 481 2390666 ketahui-4-mutasi-virus-corona-yang-dianggap-paling-berbahaya-v0vipJxmlv.jpg Ilustrasi mutasi virus corona. (Foto: Okezone)

SAAT ini banyak varian baru virus corona yang bermunculan di dunia. Salah satunya adalah E484K yang merupakan mutasi dari varian B117 asal Inggris yang terkenal cepat menular.

Dalam dunia sains, ternyata terdapat beberapa tahapan yang harus diwaspadai pada virus. Dokter relawan covid-19 Muhammad Fajri Adda'i mengatakan ada tiga tahapan yang perlu diwaspadai dari virus.

Baca juga: 8 Kiat Tetap Aman dan Produktif Bekerja dengan Budaya Kerja Remote 

"Ada tiga tahap yang harus diwaspadai pada virus. Pertama adalah Variant of Under Investigation (VUI) yang hanya diawasi saja. Ketika virus telah dicurigai berbahaya, maka akan masuk ke tahap (kedua) Variant of Concern (VOC)," terang dr Fajri, seperti dinukil dari unggahan di akun Instagram-nya @dr.fajriaddai, Rabu (7/4/2021).

Kemudian ada tahap ketiga yakni Variant of Interest (VOI). Ia melanjutkan bahwa saat ini ada varian yang levelnya jauh lebih berbahaya.

Dokter Fajri mengatakan terdapat empat varian yang dianggap berbahaya dan sudah menjadi VOC di dunia serta telah digambarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

Baca juga: Ditemukan Mutasi Virus Corona E484K, Ini Penjelasan Genetikanya 

"Yang pertama B117 asal Inggris, B1351 asal Afrika Selatan, P1 asal Brasil, kemudian B1427/B1429 (kolektif) yang berasal dari California," sambungnya.

Mutasi virus ini tentu memiliki dampak pada kinerja vaksin covid-19. Menurut dr Fajri, efikasi dari suatu vaksin bisa berkurang, sebab tanduk virusnya berubah sehingga antibodi bisa saja tidak bisa mengenali.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini