Vaksinasi Lansia Jauh dari Target, Kemenkes Ungkap 5 Alasannya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 481 2390691 vaksinasi-lansia-jauh-dari-target-kemenkes-ungkap-5-alasannya-px98Pf381k.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Capaian vaksinasi Covid-19 lansia masih jauh dari target. Ya, Kementerian Kesehatan menargetkan 21,5 juta lansia divaksin pada periode ini, namun kenyataannya angka baru menembus 1,73 juta lansia atau 8,2 persen.

Ada banyak kendala yang menghambat tercapainya target vaksinasi lansia tersebut. Kemenkes menyebutkan ada 5 faktor kendala, apa saja?

1. Banyak kabupaten/kota belum memulai vaksinasi untuk lansia

Lansia

Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, tercatat ada 36 kabupaten/kota belum memulai vaksinasi untuk lansia. "Wilayah tersebut sampai saat ini masih memprioritaskan pemberian vaksin ke pemberi pelayanan publik terlebih dulu," katanya dalam siaran virtual belum lama ini.

Baca Juga : Jadi Prioritas Menkes Budi, Ini 3 Kriteria Lansia Layak Divaksin Covid-19

Baca Juga : Cara Anak Muda Bantu Kelompok Lansia untuk Vaksinasi Covid-19

2. Provinsi besar belum mencapai target

Ya, Kemenkes menargetkan beberapa provinsi besar menjadi pusat penyuntikan vaksin kepada lansia. Data mengungkapkan bahwa provinsi tersebut sampai saat ini belum mencapai target yang diharapkan.

"Di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah, angka vaksinasinya masih rendah, sehingga masih perlu dilakukan akselerasi," terang Nadia.

3. Banyak lansia ragu divaksin

Nadia tak menampik bahwa masih banyak lansia yang merasa takut karena kurangnya sosialisasi atau informasi bahwa saat ini kelompok lansia menjadi prioritas vaksinasi.

"Masih ada keraguan pada lansia, karena kita tahu di awal risiko kerentanan lansia tinggi, sehingga mereka harus mengurangi aktivitas di luar rumah," katanya.

4. Kendala keterbatasan fisik

Lansia

Ya, faktor keterbatasan fisik lansia untuk datang ke pusat vaksinasi pun menjadi kendala lainnya. Sebab, tak sedikit juga ditemui lansia yang hidup tak bersama dengan keluarganya sehingga mereka harus secara mandiri datang ke pusat vaksinasi dan ini menjadi kendala untuk mereka.

5. Proses daftar

Untuk mendapatkan vaksin, lansia harus mendaftarkan dirinya. Ini pun menjadi kendala yang harus dihadapi terlebih proses pendaftaran dilakukan secara daring dan mungkin banyak lansia tak mengerti hal tersebut sehingga perlu mendapat bantuan orang lain.

"Hal-hal ini yang nantinya akan kami coba buat upaya-upaya penyelesaian masalah agar lansia dapat semakin terbantukan dan mendapat hak mereka yaitu menerima vaksin Covid-19," tambah Nadia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini