Stop Stigma Negatif ke Penyintas Covid-19, Ganggu Kesehatan Mental!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 481 2390717 stop-stigma-negatif-ke-penyintas-covid-19-ganggu-kesehatan-mental-yovtKhFoYn.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Covid-19 menjadi salah satu hal yang ditakuti masyarakat saat ini. Banyak masyarakat takut terinfeksi sehingga menimbulkan fenomena sosial yang dapat memperparah situasi. Salah satunya adalah stigma negatif terhadap mereka yang terinfeksi Covid-19.

Perasaan bingung dan takut memang wajar dimiliki oleh setiap orang. Namun, bukan berarti seseorang boleh berprasangka buruk terhadap orang lain. Tentunya stigma negatif ini dapat menimbulkan risiko kesehatan mental dalam diri seseorang.

Stigma

Merangkum dari dari Instagram resmi Satgas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Selasa (7/4/2021), saat ini banyak masyarakat yang memandang negatif bahwa penderita Covid-19 sangat menular dan berbahaya sehingga memunculkan perilaku diskriminatif.

Baca Juga : 4 Adu Gaya Amanda Manopo Vs Memes Prameswari, Siapa Paling Cantik?

Baca Juga : Nagita Slavina Dipeluk Zaskia Sungkar Pakai Piyama Rp3,6 Juta, Netizen: Yang Nyuciin Degdegan Gak Ya

Tentunya stigma negatif dari publik tersebut memunculkan perasaan negatif bagi para penyintas Covid-19 bahwa dirinya tidak berharga, putus asa, dan tercemar karena dinyatakan positif.

Penyintas Covid-19

Lantas mengapa Covid-19 banyak menimbulkan stigma negatif di masyarakat?

1. Penyakit Covid-19 ini masih baru dan masih banyak hal yang belum diketahui terkait denga virus ini.

2. Seseorang seringkali merasa takut dengan hal-hal yang tidak diketahui.

3. Masyarakat sangat mudah untuk mengaitkan ketakutan itu dengan hal lain.

Oleh sebab itu masyarakat diimbau untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dampak buruk yang dihasilkan akibat stigma buruk Covid-19, agar tidak semakin menimbulkan kekacauan dan memengaruhi kesehatan mental masyarakat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini