Tingkatkan Imunitas Tubuh, Jamu Cocok Banget Dikonsumsi saat Pandemi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 481 2390941 tingkatkan-imunitas-tubuh-jamu-cocok-banget-dikonsumsi-saat-pandemi-cmSd0iwxRZ.png Profesor Bernard T Wijaya di Webinar HUT Ke-14 Okezone.com. (Foto: Okezone)

SEBAGIAN masyarakat memang sudah mendapat vaksinasi, tapi tetap harus menjaga diri dari wabah covid-19. Sementara bagi mereka yang belum mendapat vaksin covid-19, penting banget mengonsumsi asupan tambahan menyehatkan saat masa pandemi ini, salah satunya jamu.

Jamu bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi covid-19 ini. Mengingat Indonesia memiliki kekayaan alam melimpah, masyarakat bisa memanfaatkannya untuk meminum suplemen herbal tersebut.

Baca juga: 5 Minuman Tradisional Yogyakarta, Hangat & Menyehatkan Tubuh 

"Alam kita dianugerahi kekayaan hayati lebih dari 30 ribu spesies tumbuhan. Ini yang menjadikan Indonesia memiliki biodiversity kedua setelah Brasil," ujar Head of Herbal Division PT Martina Berto Tbk Profesor Bernard T Widjaja dalam Webinar Milenial Healthy Lifestyle Indonesia Bangkit 2021 Spesial HUT Ke-14 Okezone.com, Rabu (7/4/2021).

Ilustrasi jamu. (Foto: Boldsky)

Ia menjelaskan, tanaman yang juga memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan di antaranya kencur, kunyit, jahe, meniran, dan temulawak. Tanaman tersebut seringkali dijadikan sebagai jamu yang bisa dikonsumsi sebagai obat herbal.

"Kencur, kunyit, dan meniran; ketiganya terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh," tutur Profesor Bernard.

Selain itu, lanjut dia, jahe juga tidak kalah dalam memberikan khasiat bagi kesehatan tubuh. Saat minum jahe, tubuh akan terasa hangat serta bisa mengatasi gangguan pernapasan dan pencernaan.

Baca juga: Ini Cara Meracik Minuman Jamu hingga Kunyit Jadi Lebih Modern 

Kemudian supaya aman ketika minum jamu, Prof Bernard juga memberikan tips yang bisa diikuti. Sebelum memutuskan minum jamu, ada tiga hal yang harus diperhatikan.

"Pertama, cari produsen yang bereputasi baik. Kedua, kita harus melihat apakah produsen jamu tersebut sudah memiliki izin edar dari BPOM. Terakhir (ketiga), Anda bisa mencari tahu apakah produsen tersebut sudah melakukan uji klinis terhadap produknya atau belum," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini