Tips Aman Pakai Sunscreen Tanpa Khawatir Jerawatan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 611 2390794 tips-aman-pakai-sunscreen-tanpa-khawatir-jerawatan-WVjKUIWGYS.jpg Pakai sunscreen (Foto: Good House Keeping)

Salah satu alasan orang-orang malas menggunakan sunscreen adalah takut kulitnya berjerawat. Selain itu, pemakaian sunscreen yang kualitasnya tidak oke membuat kulit terasa berat, lengket, atau berwarna abu-abu.

Banyaknya risiko tersebut semakin membuat orang ogah pakai sunscreen. Padahal, skincare yang satu ini adalah investasi terbaik menjaga kulit tetap sehat dan memesona sepanjang hidup.

 pakai sunscreen

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr Arini Astasari, SpKK, menjelaskan, semua risiko itu memang ada, tapi tidak untuk semua produk sunscreen. Anda mesti memperhatikan komposisi dari produk sunscreen agar tidak mengalami masalah tersebut.

Soal khawatir jerawatan karena pakai sunscreen, dr Arini memiliki trik sederhana untuk mencegahnya.

"Buat Kamu yang takut pakai sunscreen karena takut kulitnya berjerawat, maka bisa melihat komposisi dari produk tersebut. Pastikan sunscreen bersifat non-comedogenic yang artinya, sunscreen itu tidak menyumbat pori-pori," kata dr Arini saat webinar, Selasa (7/4/2021).

Selain itu, bisa juga pilih sunscreen yang water-base, bukan oil-base agar menjamin semakin cocok dengan kulit Anda yang mudah berjerawat.

Dokter Arini menambahkan, penggunaan sunscreen pada kulit yang ada bekas jerawatnya itu penting sekali. Ya, semakin Anda membebaskan bekas jerawat terpapar sinar matahari, maka bekasnya akan semakin buruk atau sulit dihilangkan.

"Fungsinya penggunaan sunscreen memastikan agar sinar matahari tidak semakin membuat bekas jerawat makin menghitam atau memerah. Jadi, sunscreen itu bersifat proteksi dan dengan begitu, bekas jerawat bisa lebih mudah pudar," tambahnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini