Era Setyowati Nikah Siri Lalu Ditelantarkan Suami, Apa Alasan Pasangan Pilih Menikah Siri?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 612 2390715 era-setyowati-nikah-siri-lalu-ditelantarkan-suami-apa-alasan-pasangan-pilih-menikah-siri-gaKnNTOZxG.jpg Era Setyowati (Foto: Inst)

Baru-baru ini, Era Setyowati alias Sierra sedang menjadi sorotan publik. Hal itu disebabkan oleh pengakuannya yang mengaku anaknya ditelantarkan seorang pria yang disebut sebagai bos BUMN.

Miss Landscape 2019 ini juga mengaku telah dinikahi secara siri oleh 'Prof M' yang disebut sebagai komisaris BUMN. Ia pun melaporkan kasusnya ke KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia).

 Era

Berbicara mengenai pernikahan siri, sebenarnya sudah banyak dilakukan di Indonesia. Lantas apa yang membuat pasangan lebih memilih untuk menikah siri dibandingkan menikah secara resmi?

Menanggapi hal tersebut, seorang psikolog Meity Arianti mencoba mengungkapkan alasan-alasan dibalik mengapa pasangan sejoli lebih memilih untuk menikah secara siri dibandingkan menikah secara resmi.

 

1. Dianggap lebih mudah

Meity mengatakan, pernikahan secara siri lebih mudah dilaksanakan dibanding menikah secara resmi. Ya, mereka tidak perlu pergi ke kantor KUA, tinggal panggil wali nikah dan saksi, semuanya beres.

"Menikah siri dianggap lebih mudah. Tidak perlu pesta jika mereka tidak menginginkan keramaian atau diketahui orang. Karena yang penting sah di mata Tuhan," tutur Mei saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (7/4/2021).

Selain itu, lanjut Mei, jika pasangan ingin bercerai juga sangat mudah, tinggal talak saja lalu selesai. Dibanding dengan nikah resmi yang harus pergi ke pengadilan, menghadiri sidang perceraian, dan lain sebagainya.

2. Hemat biaya

Menikah siri dianggap sebagai jalan untuk membina rumah tangga tanpa banyak biaya. Calon pengantin juga tidak diributkan dengan persoalan administrasi, juga proses yang cukup singkat. Karena yang terpenting adalah wali nikah, akad, dan juga para saksi.

3. Suami gampang poligami

Pasangan yang menikah siri dapat melakukan poligami yang dianggap sah secara agama, tanpa ada campur tangan negara. Jadi, jika sang suami menginginkan poligami, cukup meminta izin kepada istrinya tanpa harus mengurus administrasi.

4. Lebih gampang dalam pembagian harta

Jika seandainya pasangan ingin bercerai, pembagian harta gono gini juga menjadi lebih gampang. Karena sekali lagi, tidak ada campur tangan negara dalam hal ini. Mereka tidak terpaut dalam pasal-pasal mengenai pembagian harta.

"Jika pasangan tidak ingin melakukan pembagian harta juga tidak ada tuntutan," tutur Mei.

5. Menghindari zina

Menikah siri dianggap sebagai hal terbaik untuk menghindari zina. Jika masyarakat sekitar sudah mengetahui bahwa mereka menikah siri, mereka akan terhindar dari fitnah.

"Yang melakukan hal ini menganggap daripada zina lebih baik menikah siri dan menghindari fitnah dan untuk pemenuhan kebutuhan seksual," ujar Mei.

6. Membantu wanita keluar dari masalah ekonomi

Walaupun saat ini kita sudah berada di zaman dimana ada kesetaraan gender, namun beberapa orang masih menganggap bahwa menikah siri dapat mengangkat derajat wanita dan membantunya keluar dari masalah ekonomi.

" Nikah siri dianggap membantu wanita untuk keluar dari masalah ekonomi dan meningkatkan harkat martabat wanita dengan dinikahi," tukas Mei.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini