3 Perangkat Cerdas Ini Bikin Tanaman Hias Tumbuh Segar di Dalam Ruangan

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 612 2390899 3-perangkat-cerdas-ini-bikin-tanaman-hias-tumbuh-segar-di-dalam-ruangan-VZqfE7uZoB.jpg Ilustrasi merawat tanaman hias di dalam ruangan rumah. (Foto: Jcomp/Freepik)

SEJAK terjadinya pandemi covid-19 pada tahun lalu, banyak orang menjalani hobi berkebun di dalam ruangan rumah. Mulai dengan tanaman hias yang mudah dirawat hingga membuat tempat perlindungan di dalam ruangan.

Pandemi memang telah mengubah banyak orang menjadi pemelihara tanaman hias yang rajin. Tapi sekarang, ketika orang-orang perlahan-lahan sibuk melanjutkan aktivitas dan bekerja, merawat tanaman menjadi tugas sampingan.

Baca juga: Moeldoko Isi Waktu Merawat Tanaman, Netizen: Enggak Usah Kudeta Lagi Ya Pak 

Bagi pemula, berkebun dimulai sebagai penghilang stres. Namun siapa sangka, merawat tanaman ternyata lebih sulit dari yang dibayangkan.

Tapi kini teknologi telah mengubah berkebun di rumah dan menanam tanaman dalam ruangan menjadi lebih mudah. Sekarang saatnya memanfaatkan teknologi inovatif yang tersedia di pasaran.

Sebagaimana dirangkum dari laman Feminaindia, Rabu (7/4/2021), berikut ini beberapa perangkat cerdas yang harus dimiliki untuk membantu tanaman tumbuh segar di dalam ruangan rumah.

Baca juga: Air Soda Baik untuk Menyiram Tanaman, Simak 6 Caranya 

Perangkat canggih tanaman hias. (Foto: Instagram/Feminaindia)

(Foto: Instagram/Feminaindia)

1. Tempat penanam selada

Jika Anda ingin menanam sayuran hijau dan memakannya, perangkat ini sangat cocok. Penanam selada adalah tempat vertikal untuk dapat menanam banyak sayuran hijau di saat yang bersamaan. Selain untuk selada, bisa juga untuk menanam lada, mentimun, dan banyak sayuran lainnya.

Muncul dengan pencahayaan inovatif yang membantu tanaman tumbuh dengan baik, bahkan di dalam ruangan. Mudah digunakan dan dipindahkan, stand penanam selada akan mengubah Anda menjadi pencinta salad dalam waktu singkat.

2. Sensor kelembapan dan air

Kebanyakan tanaman tua cenderung membunuh tanaman lainnya akibat penyiraman kurang atau berlebihan. Sensor kelembapan dan air adalah alat yang dapat diletakkan di dalam pot tanaman yang menunjukkan tingkat kelembapan tanaman. Di beberapa sensor, Anda juga dapat melihat statistik pertumbuhan tanaman menggunakan aplikasi yang ditentukan.

Baca juga: Ingin Mulai Berkebun, 5 Hal Ini Wajib Dilakukan 

Perangkat canggih tanaman hias. (Foto: Shutterstock/Feminaindia)

(Foto: Shutterstock/Feminaindia)

3. Pot pintar

Jika pernah bertanya-tanya bagaimana merawat tanaman saat sedang berlibur akhir pekan, pot pintar bisa membantu Anda. Tidak seperti pot bunga biasa, pot pintar adalah perangkat yang dapat menyiram dan menilai sendiri yang akan memastikan tanaman mendapatkan jumlah air dan perawatan yang tepat, terlepas dari apakah Anda di rumah atau tidak.

Sensor bawaan pot pintar mengukur tingkat cahaya, suhu, kelembapan, dan pupuk tanaman. Kemudian melanjutkan mengirim laporan harian di ponsel melalui aplikasi seluler. Perangkat ini adalah anugerah bagi pencinta tanaman yang suka bepergian.

Baca juga: 8 Tanaman Pengusir Nyamuk, Cocok Diletakkan di Dalam Ruangan Lho 

Perangkat canggih tanaman hias. (Foto: Instagram/Feminaindia)

(Foto: Instagram/Feminaindia)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini