Karier Bersinar, Generasi Muda Harus Punya Soft Skill Mumpuni

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 612 2390940 karier-bersinar-generasi-muda-harus-punya-soft-skill-mumpuni-4zHY7hwuea.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

GENERASI muda terus dihadapkan dengan tantangan baru di dunia kerja. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini yang tidak pernah terpikir sebelumnya.

Karenanya, mereka dituntut untuk memiliki kemampuan soft skill. Generasi muda harus bisa beradaptasi yang sama pentingnya dengan kemampuan berpikir secara kritis, analitis, kreatif, inovatif dan komunikatif, dan keahlian presentasi.

Sebab daya saing di dunia kerja semakin berbeda dari masa-masa sebelumnya. Kini banyak hal baru yang harus bisa dilalui dengan baik.

Baca Juga: Pulang Kerja, Lakukan 5 Hal Ini Lindungi Keluarga dari Covid-19

pekerja

Wahyoe Soedarmono dari Sampoerna University menjelaskan, penyesuaian keterampilan bagi para generasi muda harus dipersiapkan sebaik mungkin. Indonesia akan memasuki masa bonus demografi pada rentang waktu 2020-2035.

“Kami berharap generasi muda kompeten dan siap menjawab tantangan itu, baik di Indonesia maupun tingkat global,” jelas perwakilan HSBC Business Case Competition Putera-Sampoerna Foundation (HSBC-PSF).

Saat ini, diungkap Wahyoe, cara berkomunikasi memang beda dari sebelumnya. Semua orang dituntut mengikuti segala macam hal lewat daring atau lebih dikenal webinar atau meeting online.

"Hal ini menggabungkan kemampuan berpikir analitis dan keterampilan komunikasi efektif," katanya.

Namun demikian, cara tersebut tidak ada bedanya dari pertemuan tatap muka. Justru akan lebih praktis dan orang-orang pun sudah mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini