Musim Hujan Jangan Takut Sakit, Cegah dengan 6 Langkah Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 612 2391079 musim-hujan-jangan-takut-sakit-cegah-dengan-6-langkah-ini-uNoEc4Wgf1.jpg Ilustrasi musim hujan. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

KETIKA memasuki musim hujan, ancaman yang harus diwaspadai bukan hanya banjir tapi juga datangnya berbagai penyakit. Salah satunya adalah kambuhnya alergi musiman bagi sebagian orang.

Lalu agar tidak mudah jatuh sakit, apalagi di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, semua orang harus pintar-pintar menjaga kesehatan. Ada beberapa langkah mendasar yang disarankan oleh dokter supaya tetap sehat di saat musim hujan.

Mengutip dari laman Timesnownews, Kamis (8/4/2021), berikut enam langkah dari konsultan penyakit dalam asal India, Dokter Manjusha Agarwal, untuk menjaga kesehatan saat musim hujan.

Baca juga: Berbagai Jenis Penyakit yang Menyerang pada Musim Hujan 

1. Konsumsi makanan sehat

Makan makanan yang meningkatkan kekebalan tubuh. Sertakan makanan berwarna dalam piring makan sehari-hari yang bisa membantu meningkatkan kekebalan. Contohnya brokoli, wortel, kunyit, bawang putih, dan jahe yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengandung senyawa penangkal flu, antioksidan, antibakteri dan antijamur, serta efek menenangkan.

Ilustrasi hujan. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

2. Tidak makan makanan mentah

Hindari makan buah dan sayuran yang dipotong-potong dalam waktu lama karena dapat membawa bakteri. Sebisa mungkin pisahkan peralatan untuk makanan mentah dan matang guna menghindari kontaminasi silang makanan (transfer bakteri berbahaya ke makanan dari makanan lainnya). Satu lagi, usahakan lebih banyak makan di rumah yang dimasak sendiri daripada banyak jajan junk food di luar.

Baca juga: Bolehkah Olahraga Lari saat Hujan Turun? 

3. Bersihkan luka

Jika punya luka atau goresan yang terbuka, segera bersihkan sampai bersih. Kulit pecah-pecah atau luka yang terbuka bisa jadi peluang untuk kuman dan terjadinya infeksi.

4. Siapkan obat nyamuk

Musim hujan peluang besar munculnya penyakit malaria. Sebagai upaya pencegahan, siapkan obat nyamuk yang ampuh dan tidak lupa mengenakan pakaian lengan panjang agar terhindar dari gigitan nyamuk. Selain itu, jangan biarkan air menggenang di sekitar rumah, karena bisa jadi tempat berkembangbiaknya nyamuk.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Olahraga Lari saat Hujan Turun 

5. Rutin lakukan skincare

Jika kehujanan, langsung mandi dan berganti baju kering begitu sampai di rumah. Keringkan tubuh dengan benar untuk mencegah alergi serta infeksi, jangan memakai pakaian basah dan ketat. Langsung hapus riasan wajah sampai benar-benar bersih sebelum tidur.

6. Rajin olahraga di rumah

Dengan rajin olahraga di rumah akan membuat tubuh lebih fit dan bugar. Ini bisa mencegah serangan penyakit saat musim hujan. Olahraga yang bisa dilakukan di antaranya lari, senam, atau gerakan ringan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini