6 Khasiat Minyak Alpukat untuk Rambut, Bikin Lembap hingga Kuat

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 612 2391083 6-khasiat-minyak-alpukat-untuk-rambut-bikin-lembap-hingga-kuat-uK1CktTC5d.jpg Minyak alpukat. (Foto: Freepic Diller/Freepik)

BUAH alpukat memang sudah terkenal memiliki banyak khasiat. Tetapi tahu enggak sih kalau ternyata minyak alpukat mengandung antioksidan dan anti-inflamasi. Ini bagus untuk kesehatan kulit dan rambut.

Sebagaimana dilansir dari laman Mindbodygreen, Kamis (8/4/2021), berikut deretan khasiat dari minyak alpukat.

Baca juga: Ternyata Buah Alpukat Jadi Pengganti Mentega Lho! 

1. Menjaga kelembapan

Minyak alpukat secara alami memiliki sifat oklusif. Ini dapat memberi kelembapan pada rambut tetap terjaga. Maka itu, rambut akan terhidrasi dan kuat atau tidak rapuh.

Rambut wanita. (Foto: Racool Studio/Freepik)

2. Mencegah kerusakan

Minyak alpukat memiliki sifat emolien dan sangat kaya asam oleat serta lemak tak jenuh tunggal. Ini membuat minyak alpukat dapat menembus batang rambut dan melembapkan rambut. Ini juga yang dapat memperkuat batang rambut serta membantu mencegah dari kerusakan.

3. Minyak untuk semua jenis rambut

Sifat dari minyak alpukat cukup ringan dan dapat meresap dengan baik, sehingga bisa digunakan untuk semua jenis rambut. Dengan rutin menggunakan mingak alpukat, maka rambut akan berkilau, elastis, dan menguatkan akarnya. Minyak alpukat juga sangat baik untuk rambut kering dan rapuh. Tidak seperti minyak kelapa yang cenderung mengeras, minyak alpukat tetap cair serta aromanya lembut.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Masker Alpukat untuk Merawat Kulit Wajah 

4. Sumber antioksidan

Antioksidan sudah sangat terkenal di dunia kecantikan. Kandungan antioksidan pada minyak alpukat dapat membantu mengatasi radikal bebas akibat kerusakan lingkungan seperti sinar UV dan polusi udara.

5. Mengurangi peradangan kulit kepala

Peradangan kulit kepala adalah masalah besar. Kerusakan ini dapat dipicu stres, mengikat rambut yang terlalu ketat, atau ketombe. Ini bisa membuat kerontokan rambut. Maka itu, minyak alpukat membantu mengatasi peradangan pada kulit kepala.

Baca juga: Manfaat Alpukat untuk Kulit: Menenangkan hingga Meningkatkan Elastisitas 

6. Mendorong produksi kolagen pada kulit kepala

Salah satu cara untuk membantu kesehatan kulit kepala adalah dengan mendorong produksi kolagen yang dapat membantu meningkatkan fungsi pelindung kulit dan ketebalan dermal. Dengan penggunakan secara teratur, minyak alpukat bisa membantu mendukung kolagen dan dapat mengurangi kerusakan rambut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini