Gurihnya Ikan Mas Sambal Luar Khas Toba, Cocok Disantap dengan Nasi Hangat

Adi Palapa Harahap, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 298 2391373 gurihnya-ikan-mas-sambal-luar-khas-toba-cocok-disantap-dengan-nasi-hangat-K67F0DZKAZ.jpg Ikan mas sambal luar khas Toba. (Foto: Adi Palapa Harahap/iNews TV)

PERNAHKAH Anda merasakan hidangan ikan mas sambal luar? Masakan khas Toba, Sumatera Utara, ini telah turun-menurun dan nikmat di lidah. Rasa ikan masnya gurih dan renyah ketika disantap dengan nasi putih hangat.

Nikmatnya ikan mas goreng sambal luar bisa dirasakan di sapo balcom yang artinya rumah makan. Tepatnya terletak di Jalan Bunga Rinte, Kecamatan Medan Selayang, Sumatera Utara.

Baca juga: Resep Gulai Ikan Mas, Gurihnya Bikin Nagih! 

Menu spesial ini banyak digemari kalangan muda apabila disantap dengan nasi hangat. Rasa ikannya gurih dan renyah dengan sambalnya pedas membuat lidah bergetar.

Proses pemasakannya sampai 30 menit. Ikan mas merupakan ikan air tawar dengan duri terbanyak, bahkan di sela-sela dagingnya juga terdapat duri-duri halus yang sewaktu-waktu dapat termakan oleh orang yang mengonsumsinya.

Ikan mas sambal luar khas Toba. (Foto: Adi Palapa Harahap/iNews TV)

Nah, bagaimana caranya memasak ikan mas sambal luar yang guri dan renyah? Proses pembuatannya cukup sederhana. Terlebih dahulu ikan mas digoreng dengan minyak yang benar-benar panas dan api kompor kecil. Ini supaya duri di dalam ikan mas benar-benar masak.

Sambil menunggu pengorengan ikan, disiapkan resep bahan-bahannya. Di antaranya sejumlah cabai rawit, buah lincung, bawang putih, dan andaliman. Semuanya kemudian digiling.

Baca juga: Resep Ikan Mas Cobek Pedas, Lezat Menggugah Selera! 

Selain itu, bawang merah diiris-iris dengan tomat, dan bumbu yang sudah digiling halus dituangkan ke dalam ikan mas yang sudah digoreng. Setelah itu, diiris dan tomat diletakkan di atasnya. Nah, masakan sudah siap disantap.

Dikarenakan prosesnya lama, kebanyakan pelanggan terlebih dahulu memesan sebelum datang ke warung.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini