5 Salad yang Mudah Dibuat dan Banyak Manfaat Kesehatan

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 298 2391506 5-salad-yang-mudah-dibuat-dan-banyak-manfaat-kesehatan-H6bhOM9q3v.jpg Ilustrasi salad. (Foto: Timolina/Freepik)

SALAD merupakan pilihan yang tepat ketika sedang ingin mengonsumsi makanan ringan tapi tetap sehat. Namun jangan salah, salad juga dapat mengenyangkan kok, dan sudah pasti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja salad mengandung banyak nutrisi dan mudah dibuat sendiri di rumah? Ini lima di antaranya, seperti dilansir laman Boldsky, Jumat (8/4/2021).

Baca juga: Hobi Bikin Es Krim hingga Salad, Peralatan Dapur Ini Wajib Dimiliki 

1. Salad kecambah kacang hijau

Kacang hijau dikemas dengan antioksidan, magnesium, potasium, dan serat makanan. Dua antioksidan penting dalam kacang hijau bernama vitexin dan isovitexin dapat membantu mencegah risiko sengatan matahari.

Berdasarkan sebuah penelitian, kacang hijau membantu dalam detoksifikasi, memuaskan dahaga, meningkatkan buang air kecil dan dengan demikian, mengurangi komplikasi panas musim panas.

Salad. (Foto: Lifeforstock/Freepik)

2. Brokoli, almond panggang, dan salad pasta

Brokoli adalah sumber vitamin C, serat, dan folat yang baik. Ini adalah salah satu sayuran silangan yang sehat. Di sisi lain, almond panggang menambah rasa berasap pada salad dan pasta (pasta gandum) menambah jumlah serat dan protein.

Baca juga: 5 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari saat Konsumsi Salad 

3. Mangga mentah, mentimun, dan salad buncis

Mangga mentah mengoreksi elektrolit dalam tubuh, mencegah dehidrasi, mengurangi panas tubuh, dan dengan demikian mengurangi risiko sengatan matahari yang lazim terjadi selama musim panas. Mentimun memberikan efek menenangkan pada perut. Sementara buncis menyediakan sumber serat, kalium, vitamin B, zat besi, selenium, serta magnesium yang baik.

4. Quinoa dan salad tomat ceri panggang

Salad quinoa mudah disiapkan dan dibuat untuk makanan sehat yang mengandung protein, vitamin, dan mineral. Dikarenakan mudah dicerna dan bebas gluten, quinoa meningkatkan kesehatan pencernaan selama musim panas. Selain itu, tomat ceri adalah buah terbaik musim panas yang diisi dengan air dan nutrisi seperti vitamin C, E, A, dan kalium yang dapat membantu menjaga elektrolit tubuh.

Baca juga: Resep Nasi Salad ala Restoran Jepang, Lezat dan Murah Meriah 

5. Kacang hijau, wortel, dan salad mi

Wortel atau jus wortel memberikan efek menenangkan pada sistem pencernaan saat dikonsumsi. Ini dikemas dengan kebaikan antioksidan, vitamin K, dan beta-karoten. Saat diberi kacang hijau, nutrisi salad meningkat. Selain itu, mi rendah kalori membantu memberikan rasa kenyang dan membantu menurunkan kadar kolesterol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini