IDI: Pentingnya Nutrisi yang Cukup pada Anak Sebelum Jalani Vaksinasi

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 481 2391258 idi-pentingnya-nutrisi-yang-cukup-pada-anak-sebelum-jalani-vaksinasi-szTs7TMxuO.jpg Anak harus diberi nutris yang baik (Foto: Honey Kids Asia)

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengaku masih menunggu keputusan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan terkait pelaksanaan vaksinasi pada kelompok usia anak. Namun para orangtua dinilai perlu menyiapkan kondisi kesehatan, utamanya nutrisi anak-anak mereka sebelum menjalani vaksinasi.

Hal itu dikatakan Ketua Umum IDI, Daeng M Faqih beberapa waktu lalu. "Kita masih tunggu dari Badan POM. Tapi sebelum itu (vaksinasi), para orangtua perlu menjaga daya tahan tubuh anak. Salah satunya dengan menjaga makanan dan nutrisi mereka," katanya.

 Vaksinasi Covid-19

Asupan nutrisi yang baik, jelas Daeng, adalah nutrisi yang jumlah serta variasinya cukup. Baik itu nutrisi makro maupun nutrisi mikro.

"Jadi memang harus seimbang," tegasnya.

Daeng menyebutkan, tujuan dilakukannya vaksinasi adalah untuk membentuk antibodi. Sementara antibodi, diproduksi tubuh dengan mengekstraksi (terbentuk) dari nutrisi dalam tubuh.

"Jadi ini benar-benar perlu disiapkan sejak dini. Nutrisi anak hadus baik agar pembentukan antibodinya sempurna," pungkas Daeng.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini