AstraZeneca: Manfaat yang Terkandung dalam Vaksin Jauh Lebih Besar daripada Risikonya

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 481 2391318 astrazeneca-manfaat-yang-terkandung-dalam-vaksin-jauh-lebih-besar-daripada-risikonya-vC9hK7Jvew.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Hindustan Times)

Polemik sehubungan dengan efek samping dari vaksin Covid-19 yang diproduksi AstraZeneca masih terus berlanjut.

Merespon permasalahan dugaan efek samping vaksin AstraZeneca yang berkaitan dengan kasus pembekuan darah, pihak AstraZeneca akhirnya mengambil langkah modifikasi.

Seperti dilapor Reuters, Kamis (8/4/2021) pada Rabu 7 April kemarin pihak AstraZeneca mengumumkan saat ini pihak mereka sedang bekerjasama dengan regulator di Eropa dan Inggris untuk mengubah informasi produk pada vaksin Covid-19.

 Vaksin Covid-19

“AstraZeneca secara aktif berkolaborasi dengan regulator berwenang untuk menerapkan perubahan ini pada informasi produk,” keterangan dari AstraZeneca.

Tapi di sisi lain, AstraZeneca menyebutkan mereka sendiri tetap menyakini bahwa manfaat yang terkandung dalam vaksin itu masih jauh lebih besar daripada risikonya.

“Dua ulasan ini menegaskan kembali, bahwa vaksin menawarkan perlindungan tingkat tinggi terhadap semua tingkat keparahan infeksi Covid-19 dan bahwa manfaat ini terus lebih besar dibandingkan risikonya,” tambahnya.

Perubahan label informasi produk ini sendiri diungkapkan, usai pihak berwenang menyebutkan mereka menduga adanya kemungkinan dari kejadian pembekuan darah otak adalah sebagai efek samping langka dari pemberian vaksin tersebut.

“Tapi mereka sampai di penilaian, kalau kejadian ini (pembekuan darah) punya peluang ada kaitannya dengan pemberian vaksin. Mereka meminta hal ini terdaftar sebagai potensi efek samping yang sangat langka,” pungkas AstraZeneca.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini