Hari Balita Nasional, Kenali Infeksi yang Sering Serang si Kecil

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 481 2391442 hari-balita-nasional-kenali-infeksi-yang-sering-serang-si-kecil-SEMAGzd8AE.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HARI ini diperingati sebagai Hari Balita Nasional. Di Hari Balita Nasional ini, penting mengenal nutrisi yang diperlukan oleh bayi, apalagi di masa Pandemi uni 

Pasalnya, balita menjadi golongan yang paling rentan terhadap serangan berbagai macam infeksi. Apalagi, di Indonesia kasus malnutrisi masih sangat tinggi. Lantas, apa saja penyakit yang rawan dialami oleh Balita?

Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi, Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) mengatakan, infeksi yang umum dialami anak-anak adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan gastroenteritis akut (diare). Prevalensi anak usia 1–4 tahun yang mengalami ISPA sebesar 13,7 persen dan diare sebesar 12,8 persen.

Oleh sebab itu dr. Ariani menyebut bahwa peran orangtua sangat penting untuk memastikan agar perkembangan imunitas menjadi optimal. Sistem imunitas yang terjaga dengan baik akan menjadi bekal bagi tubuh anak untuk tumbuh dan berkembang.

Balita

“Penyebab anak rentan terkena gangguan penyakit infeksi seperti ISPA dan diare salah satunya karena sel-sel usus pada anak masih renggang, mengakibatkan apabila ada kuman atau allergen akan mudah masuk melalu isel-sel tersebut,” terang dr. Ariani.

Lebih lanjut dr. Ariani mengatakan, sejatinya hadirnya mikroba dalam tubuh manusia (mikrobioma) seperti bakteri, virus dan eukariota sangatlah penting. Mikrobioma ini dibutuhkan pada saluran cerna manusia.

“Bakteri pada mikrobioma memiliki peran terhadap imunitas, nutrisi, dan perlindungan terhadap bakteri patogen. Dalam tubuh manusia terdapat sekitar 10-100 triliun mikrobioma dengan jumlah paling banyak terdapat di usus,” tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini