5 Minyak Terbaik untuk Kulit, Melembapkan hingga Obati Eksim

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 611 2391487 5-minyak-terbaik-untuk-kulit-melembapkan-hingga-obati-eksim-f52fhJvJAv.jpg Ilustrasi minyak untuk menyehatkan kulit. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

MASALAH kulit dialami banyak orang. Di antaranya kulit kering atau justru berminyak. Tapi tenang saja, ada banyak jenis minyak yang baik untuk kesehatan kulit.

Minyak yang bagus untuk kulit biasanya dikemas dengan bahan-bahan yang baik seperti polifenol, asam lemak, dan antioksidan. Ini membantu mengurangi peradangan serta membuat kulit bercahaya.

Lantas, apa saja minyak-minyak tersebut? Berikut ini deretannya, seperti dirangkum dari laman Healthline, Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Mengenal Minyak Argan, Sangat Bermanfaat untuk Kulit hingga Jantung 

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah minyak nabati yang harum. Ini bisa digunakan untuk banyak fungsi, mulai perawatan kulit hingga resep smoothie. Dibuat dengan menekan lemak dari daging kelapa, minyak ini cukup dikenal dalam beberapa tahun terakhir berkat khasiat terapeutiknya.

Penuh dengan vitamin E, minyak kelapa dapat digunakan sebagai pelembap tradisional. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang bertindak sebagai penghalang pada kulit dan menjaga kelembapan tetap masuk. Secara alami minyak kelapa juga mengandung antibakteri serta antijamur yang membantu melindungi kulit dan rambut.

Ilustrasi minyak alami. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

2. Minyak argan

Diekstrak dari kacang pohon argan Maroko, minyak ini adalah pelembap yang menenangkan dan kuat untuk semua jenis kulit. Minyak argan dikemas dengan vitamin E, antioksidan, dan asam lemak esensial.

Minyak argan cukup ringan untuk digunakan sebagai pelembap sehari-hari yang tidak berbau, tetapi juga bisa digunakan untuk merawat orang dengan kondisi kulit yang lebih parah, seperti eksim atau rosacea.

Berkat sifat kandungan antioksidannya, minyak argan bekerja meningkatkan elastisitas kulit dengan menangkis kerusakan akibat radikal bebas dan menjadikan kulit bercahaya.

Baca juga: 5 Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Khususnya Jantung 

3. Minyak biji rosehip

Nutrisi kulit yang kuat ini adalah salah satu minyak anti-penuaan terbaik. Minyak biji rosehip diekstraksi melalui metode pengepresan dingin dari biji varietas mawar tertentu yang sebagian besar ditanam di Cile.

Minyak ini kaya asam lemak esensial dan mengandung vitamin E, C, D, dan beta karoten. Penuh dengan manfaat, minyak biji rosehip membantu melindungi dan melembapkan kulit, melawan kerusakan akibat radikal bebas, serta mengurangi kerutan.

Vitamin dan antioksidan meremajakan kulit untuk mengembalikan elastisitas, membantu memperbaiki flek hitam, dan mengurangi munculnya bekas luka.

4. Minyak marula

Dipanen dari kacang buah marula Afrika, minyak ini memiliki teksturnya yang ringan dan bermanfaat untuk kecantikan. Berkat khasiat kesehatannya, minyak ini tidak hanya dapat mengurangi kekeringan, tetapi juga iritasi dan peradangan.

Minyak marula kaya akan asam lemak dan konon mengandung antioksidan 60 persen lebih banyak daripada kebanyakan minyak lainnya. Ini berarti minyak marula memiliki kekuatan yang kuat melawan penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari. Minyak ini juga memiliki sifat antimikroba, membuatnya ideal untuk kulit yang teriritasi atau berjerawat.

Baca juga: Tingkatkan Kesehatan Tubuh, Yuk Konsumsi 8 Minyak Alami Ini 

5. Minyak jojoba

Diekstrak dari tumbuhan asli Amerika Utara, minyak jojoba digunakan mulai dari jerawat, psoriasis, hingga kulit terbakar matahari. Ini penting karena dari semua senyawa yang ditemukan di alam, minyak jojoba secara struktural dan kimiawi paling mirip dengan struktur kulit manusia.

Dikarenakan minyak jojoba mirip dengan struktur kulit, jadi dapat mereplikasi atau melarutkan minyak, tergantung apakah kulit Anda memproduksi berlebihan atau kurang. Dengan demikian, dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum dan menghilangkan jerawat.

Terdiri dari mineral dan nutrisi yang bermanfaat, minyak jojoba juga berfungsi sebagai pelembap untuk melembutkan kulit dan memberikan kelembapan sepanjang hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini