Pria yang Merokok Ternyata Bisa Kena Kanker Payudara Loh

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 612 2391528 pria-yang-merokok-ternyata-bisa-kena-kanker-payudara-loh-5gttgxw0jX.jpeg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JIKA berbicara mengenai kanker payudara, hampir setiap orang menyebut potensi terkena kanker tersebut hanya dialami oleh para perempuan. Namun pada kenyataannya, kanker tersebut bisa menyerang siapa saja loh.

Dokter Onkologi Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FACP, mengatakan kanker payudara memang didominasi oleh kaum Hawa. Tetapi, ada sebagian kecil pria yang juga mengalami masalah kesehatan yang satu ini. 

Menurutnya, selama praktik baru ditemukan 3 pasien kanker payudara pria. Angkanya sangat kecil. Meski demikian, ini adalah fakta bahwa kanker payudara bisa juga menyerang pria.

Apalagi, karena kasusnya cukup langka maka kanker payudara pada pria sangat sulit disembuhkan. "Kanker payudara pada pria itu justru sulit sekali disembuhkan, karena dasarnya bukan estrogen. Jadi, sangat sulit disembuhkan," terangnya.

Kanker payudara

Prof Aru melanjutkan, ada beberapa faktor penyebab seorang pria bisa mengidap kanker payudara, misalnya karena lingkungan dan dia tergolong dalam kelompok perokok. Ya, rokok bukan hanya menyebabkan kanker paru, tetapi bisa sampai memberi masalah ke payudara pria.

Pria perokok punya risiko mengidap kanker payudara. Selain itu, faktor lingkungan juga berpengaruh pada kasus langka ini," jelasnya.

Mungkin beberapa dari Anda beranggapan bahwa pria yang mengidap kanker payudara melakukan suntik estrogen sehingga terjadi komplikasi pada tubuhnya dan kanker payudara pun muncul. Tapi, anggapan tersebut dibantah Prof Aru.

"Pasien saya itu bukan berarti estrogennya berlebihan, kemudian payudaranya ikutan besar, enggak juga. Mereka jantan-jantan, tapi mereka memang ada benjolan. Kemudian biopsi dan ditemukan sel kanker di payudaranya. Setelah itu mendapatkan kemoterapi," papar Prof Aru.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini