Cegah Kanker Payudara, 4 Sayuran Ini Paling Cocok Dikonsumsi

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 612 2391629 cegah-kanker-payudara-4-sayuran-ini-paling-cocok-dikonsumsi-UnL8O6ZQDB.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT kanker memang bisa menyerang siapa saja, tanpa memandang usia dan strata sosial. Tapi memang, ada beberapa jenis kanker yang hanya menyerang jenis kelamin tertentu.

Nah, salah satu kanker yang masih tinggi adalah kanker payudara, yang kerap menyerang perempuan. Sayangnya, pengobatan akan kanker payudara sangat sulit, karenanya akan lebih baik mencegah ketimbang harus mengobati.

Guna mencegah penyakit ini, perlu diperhatikan asupan makanan, terutama sayuran. Ada beberapa sayuran yang membantu mencegah kanker payudara, dikutip Boldsky.

Wortel

Beta-karoten merupakan antioksidan yang dapat memperlambat perkembangan sel kanker. Wortel juga dapat melindungi payudara dari sel kanker.

Kanker payudara

Kacang panjang dan buncis

Sayuran jenis kacang-kacangan mengandung zat phyto yakni bahan kimia alami yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Tak hanya mencegah kanker payudara, wanita yang mengonsumsi sayuran ini dapat mencegah kanker pankreas.

Bayam

Bayam dapat mencegah kanker kerongkongan. Senyawa tertentu seperti lutein dan zeaxanthin dalam bayam, dapat mencegah tubuh dari kanker payudara.


Aneka sayuran hijau

Brokoli, kale dan kubis dikatakan untuk mencegah berbagai jenis kanker. Karena sayuran tersebut tinggi antioksidan yang mampu mencegah diri dari ancaman kanker payudara khususnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini