Hati-Hati, 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini Justru Menurunkan Energi

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 298 2391903 hati-hati-5-jenis-makanan-dan-minuman-ini-justru-menurunkan-energi-K4TIYjopfW.jpg Steak (Foto: The Daily Meal)

Pemilihan jenis makanan ataupun minuman yang dikonsumsi sehari-hari harus begitu diperhatikan.

Sebab, alih-alih mendapatkan tambahan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Salah memilih jenis makanan atau minuman, justru bisa membuat energi tubuh drop alias menurun.

Apa saja jenis makanan dan minuman yang diketahui bisa menurunkan energi tubuh? Mewarta Huffingtonpost, berikut paparannya di bawah ini.

 kopi

1. Kafein atau minuman berenergi

Genki Nutrition New York menyebutkan, mengonsumsi jenis minuman ini di sore hari bisa membuat kita sulit tidur nyenyak di malamm hari. Sehingga bisa membuat kita jadi merasa lelah keesokan harinya. Selain itu, bila dikonsumsi dalam Jonathan Valdez jumlah besar sekaligus, dapat menyebabkan gangguan kafein lima jam setelah konsumsi. Terutama bila tidur tujuh hingga sembilan jam yang disarankan tidak tercapai. “Dianjurkan untuk tidak minum kafein dalam delapan jam menuju waktu tidur,” ujar Jonathan.

 

2. Permen

Kudapan manis yang enak dan jadi favorit banyak orang satu ini, juga termasuk dalam jenis makanan yang bisa menurunkan energi. Permen manis memberikan ledakan energi hanya sesaat, tetapi kemudian menghasilkan ledakan energy,” kata Amy Gorin, ahli diet nabati.

3. Steak

Pernah langsung mengantuk usai menyantap steak sebagai menu makan malam? Biasanya justru yang masuk ke dalam tubuh itu lebih banyak lemaknya daripada proteinnya. Seperti dijelaskan Meredith Price, ahli gizi ahli diet nabati, sebab tubuh hanya dapat menggunakan 25 gram protein dalam sekali makan, setelah makan steak, tubuh jadi harus bekerja keras untuk mencerna dan memetabolisme protein ekstra, apalagi protein bukan sumber energi yang disukai tubuh dan akan dikeluarkan atau disimpan sebagai lemak. Inilah yang membuat energi tubuh akan terkuras lalu kita merasa lesu dan terlalu kenyang.

 

4. Smoothies buah

Tampak seperti kudapan sehat bukan? Tapi nyatanya jika dibuat tanpa keseimbangan bahan yang tepat, kadar gula darah malah akan melonjak dan membuat kita lapar disertai dengan penurunan energi tak lama kemudian.

“Smoothie menghilangkan kandungan serat alami dari buah utuh. Serat dan kunyahan yang dibutuhkan untuk buah utuh memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Tanpa serat dan jeda waktu mengunyah, konsumsi cepat dapat menyebabkan gula tinggi dalam darah diikuti dengan penurunan gula dari pelepasan dan kemudian kerja insulin,” papar Jonathan Valdez.

5. Makanan beku rendah kalori

Makanan jenis ini biasanya memang mengandung sekitar 300 kalori atau bahkan kurang, tapi di sisi lain sodiumnya sangat tinggi. Selain tidak memberikan cukup kalori untuk makanan lengkap, sehingga tak cukup mengisi tubuh. Jumlah natrium yang tinggi akan menyebabkan retensi air, kembung, dan rasa lelah secara keseluruhan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini