Makanan Sehat untuk Diabetes Tipe 1, Apa Saja?

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 298 2392121 makanan-sehat-untuk-diabetes-tipe-1-apa-saja-RqCuZvRIv5.jpg Kacang-kacangan (Foto: Nutralngredients)

Jika Anda menderita diabetes tipe 1, penting untuk mengetahui berapa banyak karbohidrat yang anda makan. Informasi ini membantu anda menentukan berapa banyak insulin yang harus anda konsumsi dengan makanan anda untuk menjaga stabilitas kadar gula darah glukosa.

Dikutip dari Diabetes.ufl.edu, karbohidrat adalah jenis makanan utama yang meningkatkan gula darah. Kelompok pati, buah dan susu dari Piramida Kelompok Makanan untuk diabetes mengandung karbohidrat tinggi.

 sayur

Makanan dalam Karbohidrat Lain dan Gabungan Kelompok makanan juga tinggi karbohidrat. Kelompok sayuran memiliki sedikit karbohidrat. Kelompok daging dan lemak memiliki sedikit atau tidak ada karbohidrat.

Jumlah karbohidrat yang Anda makan setiap kali makan akan menentukan seberapa tinggi gula darah anda naik setelah makan. Dua nutrisi utama lainnya, protein dan lemak, juga berpengaruh pada kadar glukosa darah, meskipun tidak secepat atau sekuat karbohidrat.

Keseimbangan antara asupan karbohidrat, insulin, dan aktivitas fisik diperlukan untuk mendapatkan kadar gula darah glukosa terbaik. Makan karbohidrat meningkatkan kadar gula darah glukosa anda. Latihan cenderung menurunkannya. Jika ketiga faktor tersebut tidak seimbang, anda dapat mengalami perubahan besar dalam kadar gula darah glukosa.

Terkait makanan untuk para penderita diabetes 1, terdapat rekomendasi umum yang dapat digunakan, yaitu Piramida Makanan Diabetes, yang menyerupai piramida, membagi makanan menjadi enam kelompok dalam berbagai ukuran porsi.

Dalam Piramida Makanan Diabetes, kelompok makanan didasarkan pada kandungan karbohidrat dan protein, bukan jenis klasifikasi makanannya.

Penderita diabetes harus makan lebih banyak makanan di bagian bawah piramida yakni (biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran) daripada yang di atas (lemak dan permen). Diet ini akan membantu menjaga kesehatan jantung dan sistem tubuh Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini