Menggunakan Masker Ganda, Haruskah?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 481 2391803 menggunakan-masker-ganda-haruskah-5SnTc4Omej.jpg Ilustrasi penggunaan masker untuk cegah covid-19. (Foto: Freepik)

MASKER telah menjadi barang wajib yang harus dikenakan selama masa pandemi covid-19. Masker akan melindungi seseorang dari infeksi yang disebabkan virus corona saat beraktivitas di luar rumah maupun lingkungan umum yang ramai.

Saat ini terdapat banyak pilihan masker yang tersedia, di antaranya adalah masker medis, masker kain, masker N95, maupun masker KN95. Semuanya memiliki efektivitas berbeda untuk melindungi diri dari virus.

Baca juga: Temukan Masker Palsu, Harus Lapor ke Mana? 

Lantas, apakah seseorang harus menggunakan masker dua lapis untuk mendapatkan perlindungan ekstra?

Merangkum dari unggahan akun Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgasrelawan, Jumat (9/4/2021), berdasarkan laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, menggunakan masker kain di atas masker medis dapat mengurangi risiko paparan virus.

Baca juga: Terungkap, 5 Tempat Orang Sering Tidak Patuh Menggunakan Masker 

Meski demikian, masyarakat harus ingat bahwa sebelum menggandakan masker, ada baiknya memilih masker berkualitas dan baik. Fungsinya agar dapat memaksimalkan penyaringan seperti masker KN95 atau masker bedah tiga lapis.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah memastikan penggunaan masker ganda tidak berpotensi menyulitkan pernapasan. Pastikan bisa menghirup oksigen dengan cukup saat menggunakan masker ganda.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini