6 Penyakit Berbahaya Akibat Merokok, Kurangi Rokok Yuk!

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 481 2391897 6-penyakit-berbahaya-akibat-merokok-kurangi-rokok-yuk-0Fx56wB15W.jpg Merokok berisiko menimbulkan penyakit (Foto: My Clinic)

Kebiasaan merokok mungkin rasanya sangat menyenangkan. Usai makan, minum kopi sambil merokok rasanya seru dan rileks.

Namun sejatinya merokok berbahaya bagi kesehatan. Dikutip dari lung.org, berikut ini beberapa penyakit paling mengerikan akibat merokok. Apa saja?

merokok

1. Kanker paru-paru

Sangat banyak orang meninggal karena kanker paru-paru dibandingkan jenis kanker lainnya. Merokok adalah faktor risiko nomor satu untuk kanker paru-paru. 87% kematian akibat kanker paru-paru.

2. PPOK (penyakit paru obstruktif kronik)

PPOK adalah penyakit paru obstruktif yang membuat sulit bernapas. Ini menyebabkan kecacatan jangka panjang yang serius dan kematian dini. PPOK dimulai dengan lemas dan mudah capek.

Sekitar 80% dari semua PPOK disebabkan oleh merokok. PPOK adalah penyebab kematian keempat di Amerika Serikat.

3. Penyakit jantung

Merokok membahayakan hampir setiap organ tubuh kita, termasuk jantung. Merokok dapat menyebabkan penyumbatan dan penyempitan di arteri, yang berarti lebih sedikit aliran darah dan oksigen ke jantung. Penyakit jantung penyebab kematian nomor satu di AS.

4 Stroke

Merokok mempengaruhi arteri, hal itu dapat memicu stroke. Stroke terjadi ketika suplai darah ke otak Anda tersumbat untuk sementara. Sel-sel otak kekurangan oksigen dan mulai mati.

Stroke dapat menyebabkan kelumpuhan, bicara cadel, fungsi otak berubah dan kematian. Stroke adalah penyebab utama kematian kelima di Amerika Serikat dan penyebab utama kecacatan orang dewasa.

5. Asma

Asma adalah penyakit paru-paru kronis yang membuat anda lebih sulit bernapas. Karena asap rokok mengiritasi saluran udara, hal ini dapat memicu serangan asma yang parah dan mendadak.

6. Efek reproduksi pada wanita

Merokok dapat menyebabkan kehamilan ektopik pada wanita, yaitu ketika sel telur yang telah dibuahi ditanamkan di tempat lain selain rahim. Telur tidak dapat bertahan hidup dan, dapat mengancam nyawa sang ibu. Merokok juga menyebabkan berkurangnya kesuburan, yang berarti lebih sulit untuk hamil.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini