5 Olahraga yang Cepat Membakar Kalori, Berat Badan pun Turun

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 481 2392061 5-olahraga-yang-cepat-membakar-kalori-berat-badan-pun-turun-L7V0vHo46t.jpeg Olahraga sepeda ampuh membakar kalori. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

OLAHRAGA memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar. Selain melenturkan otot, memperkuat tulang, membakar kalori, olahraga juga bisa memengaruhi suasana hati. Lalu yang tidak kalah penting, olahraga ampuh untuk menurunkan berat badan.

Lantas, olahraga apa saja yang baik dilakukan untuk program penurunan berat badan? Cepat membakar kalori? Ini daftarnya, seperti dikutip dari laman Times of India, Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Hari Aktivitas Fisik Sedunia, Kenapa Olahraga di Masa Pandemi Penting? 

1. Bola Basket

Berlari di lapangan basket dapat membantu membakar sejumlah besar kalori. Selain itu, bermain bola basket dapat membantu daya tahan tubuh, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh, serta mengembangkan konsentrasi otak. Seseorang dengan berat 60 kilogram bisa membakar 496 kalori dengan bermain basket selama 1 jam.

Olahraga bola basket. (Foto: Marymarkevich/Freepik)

2. Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu bentuk latihan aerobik yang sangat baik. Ini berarti jantung, pembuluh darah, dan paru-paru akan berolahraga bersamaan saat bersepeda.

Selain itu, bersepeda meningkatkan mobilitas, fleksibilitas, memperkuat tulang, dan meningkatkan mood. Seseorang dengan berat 70 kilogram saat mengendarai sepeda dengan kecepatan 14 hingga 15,9 mil per jam dapat membakar sekitar 372 kalori dalam 30 menit.

Baca juga: Ini Olahraga yang Bisa Dijalani meski Sedang Puasa Ramadhan 

3. Berenang

Berenang dapat menjadi aktivitas fisik yang bagus untuk membakar lemak. Berenang membantu mengencangkan otot, membangun kekuatan, dan menjaga kesehatan jantung. Ini juga meningkatkan koordinasi antara pikiran dan tubuh. Seseorang dengan berat 60 kilogram dapat membakar 590 kalori dalam satu jam dengan berenang cepat dalam gaya bebas.

4. Sepakbola

Tidak ada aturan khusus untuk bermain sepakbola, tetapi manfaatnya benar-benar layak untuk diterapkan. Anda harus banyak berlari dalam bermain sepakbola yang dapat membantu membakar kalori. Orang seberat 60 kilogram bisa membakar 434 kalori dalam 1 jam dengan bermain sepakbola.

Sepakbola

Baca juga: Buat Penderita Nyeri Punggung dan Lutut, Ini Olahraga yang Aman 

5. Tenis lapangan

Bermain tenis lapangan dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, menstabilkan detak jantung dan tekanan darah, meningkatkan fungsi metabolisme, meningkatkan kepadatan tulang, bahkan dapat menurunkan persentase lemak tubuh.

Tenis lapangan juga dapat membantu meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Seseorang dengan berat 60 kilogram dapat membakar 372 kalori dalam 1 jam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini