6 Cara Sederhana Mengatasi Bibir Kering, Cukup Lakukan Sendiri di Rumah

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 611 2392015 6-cara-sederhana-mengatasi-bibir-kering-cukup-lakukan-sendiri-di-rumah-kFYiR4ftjo.jpg Ilustrasi bibir kering. (Foto: Rawpixel/Freepik)

BIBIR kering memang terkihat tidak bagus dan kurang sehat. Banyak faktor penyebab bibir kering, salah satunya karena kekurangan cairan.

Saat bibir kering, pemakaian lipstik pun menjadi terlihat tidak bagus. Tapi kita bisa lho mengatasi sendiri bibir yang kering. Cukup di rumah saja dengan cara simpel dan sederhana.

Seperti dinukil dari laman Healthline, Jumat (9/4/2021), berikut cara mandiri mengobati bibir kering.

Baca juga: Ternyata Kunyit Bisa Bikin Bibir Jadi Lembut, Simak Caranya 

1. Eksfoliasi bibir

Mengeksfoliasi bibir dengan lembut dapat mengangkat sel kulit mati yang terdapat pada bibirmu yang kering. Kita bisa membuat scrub atau eksfoliasi bibir sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemui lho. Campurkan gula dengan madu dan mulailah menggosok secara perlahan pada bibir kering dan bilas menggunakan air bersih.

Ilustrasi bibir kering. (Foto: Shutterstock)

2. Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah emolien yang tidak hanya melembapkan kulit, tetapi juga dapat melindungi kulit, dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Caranya cukup mudah, oleskan minyak kelapa dengan jari atau kapas ke bibir kering dan diamkan beberapa saat.

3. Oleskan lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan efek menenangkan yang bagus untuk merawat bibir pecah-pecah. Enzim dalam lidah buaya memiliki sifat pengelupasan ringan, jadi sebaiknya batasi penggunaan lidah buaya hanya dua atau tiga kali sehari.

Baca juga: Beautypedia, Cara Mengubah Bibir Gelap Jadi Pink Alami 

4. Gunakan madu

Madu memiliki kandungan antimikroba, anti-inflamasi, dan penyembuh luka. Madu dapat membantu melembabkan bibir dan melindungi bibir pecah-pecah dari infeksi. Madu juga dapat dijadikan sebagai eksfoliator ringan dan dapat membantu menghilangkan kulit mati yang kering dari bibir.

5. Mentega alpukat

Mentega alpukat dapat digunakan sebagai pelembap dan pengental pada lip balm. Sifatnya yang tidak berminyak dan dapat terserap dengan baik oleh kulit. Mentega alpukat juga mengandung beberapa asam lemak dan antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kulit, termasuk asam oleat dan linoleat.

Baca juga: 4 Cara Alami Kembalikan Bibir Jadi Merah dan Cerah 

6. Gunakan petroleum jelly

Menurut penjelasan American Academy of Dermatology (AAD), penggunaan petroleum jelly putih sepanjang hari dan sebelum tidur dapat melembapkan dan menenangkan bibir yang kering serta pecah-pecah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini