10 Cara Aman Merawat Kulit Wajah meski Sedang Muncul Jerawat

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Sabtu 10 April 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 611 2392098 10-cara-aman-merawat-kulit-wajah-meski-sedang-muncul-jerawat-pr82U6uQGe.jpg Ilustrasi merawat kesehatan kulit wajah. (Foto: Senivpetro/Freepik)

KULIT wajah yang sedang ada jerawat harus tetap dilakukan perawatan. Memang membutuhkan cara tersendiri, tapi ini harus dilakukan demi menjaga kesehatan kulit wajah.

Ada 10 cara perawatan kulit wajah yang direkomendasikan oleh dokter untuk membantu Anda mendapatkan hasil terbaik dari perawatan kulit wajah yang berjerawat.

Apa saja cara tersebut? Simak selengkapnya, seperti dirangkum dari laman AAD, Sabtu (10/4/2021).

Baca juga: Tips Hilangkan Bekas Jerawat yang Murah Meriah 

1. Cuci wajah dua kali sehari dan setelah berkeringat. Keringat, terutama saat memakai topi atau helm, bisa memperparah jerawat, jadi segera cuci wajah setelah berkeringat.

Ilustrasi kulit wajah berjerawat.

2. Gunakan ujung jari untuk mengoleskan pembersih ke wajah. Menggunakan waslap, spons jaring, atau apa pun dapat mengiritasi kulit.

3. Bersikaplah lembut dengan kulit wajah. Gunakan produk yang lembut seperti yang bebas alkohol. Jangan gunakan produk yang mengiritasi kulit wajah seperti astringen, penyegar, dan pengelupas kulit. Kulit kering dan merah membuat jerawat tampak lebih buruk.

Baca juga: 5 Tips Pakai Makeup untuk Kulit Wajah Berjerawat 

4. Menggosok kulit wajah bisa memperburuk jerawat. Hindari godaan untuk menggosok kulit wajah.

5. Bilas dengan air hangat.

6. Keramas secara teratur. Jika Anda memiliki rambut berminyak, keramaslah setiap hari.

7. Biarkan luka jerawat Anda sembuh secara alami. Jika memencet jerawat, kulit wajah akan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dan dapat meningkatkan risiko munculnya bekas jerawat.

Baca juga: 4 Cara Samarkan Bekas Jerawat di Wajah, Yuk Praktikkan 

8. Jauhkan tanganmu dari wajah. Menyentuh wajah sepanjang hari dapat menyebabkan peradangan kulit.

9. Hindari sinar matahari. Beberapa obat jerawat membuat kulit sangat sensitif terhadap sinar ultraviolet (UV).

10. Konsultasikan dengan dokter kulit jika berjerawat, produk yang dicoba tidak berhasil, atau jerawat Anda meninggalkan bekas luka atau menggelapkan kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini