Luar Biasa, Pria Ini Kembangkan 300 Varietas Mangga dalam 1 Pohon

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 612 2391980 luar-biasa-pria-ini-kembangkan-300-varietas-mangga-dalam-1-pohon-wX0bh1HE8p.jpg Ilustrasi varietas mangga. (Foto: Jcomp/Freepik)

SEORANG pria asal India bernama Haji Kalimullah Khan mendapat julukan "Manusia Mangga". Ia menjadi terkenal berkat prestasi membudidayakan mangga. Pencapaian terbesar yang pernah diraih Haji Kalimullah Khan adalah sukses menghasilkan 300 varietas mangga yang berbeda dalam satu pohon.

Haji Kalimullah Khan sendiri adalah seorang ahli hortikultura. Uniknya, ia putus sekolah pada usia 15 tahun untuk menanam dan membudidayakan mangga sebagai pekerjaan hidupnya, keluarganya, seperti kebanyakan petani di Malihabad, India Utara.

Baca juga: Makan Mangga Bisa Bikin Gemuk? Ini Kata Ahli Gizi 

Namun saat itu Haji Kalimullah Khan hanya menanam 2 varietas buah tropis yang nikmat. Suatu hari setelah melihat tanaman mawar yang menghasilkan bunga dengan warna berbeda di taman bunga seorang teman, Haji Kalimullah Khan belajar tentang perkawinan silang tanaman.

Ia mulai bertanya-tanya apakah prinsip yang sama tidak berlaku untuk pohon buah-buahan. Sejak itulah awal karier Haji Kalimullah Khan melonjak hingga pada akhirnya membuatnya dinobatkan sebagai salah satu ahli hortikultura dan master buah terkemuka di dunia. Kala itu pula ia mendapat julukan "Manusia Mangga".

Haji Kalimullah Khan dijuluki Manusia Mangga asal India. (Foto: Tangkapan layar YouTube Almighty Productions)

Haji Kalimullah Khan. (Foto: Tangkapan layar YouTube Almighty Productions)

Sebagaimana dilansir laman Oddity Central, Jumat (9/4/2021), meski Haji Kalimullah Khan memiliki begitu banyak prestasi di bidang hortikultura, ternyata temuannya yang paling terkenal adalah pohon mangga tunggal yang menghasilkan 300 varietas berbeda.

Proyek ini dimulai oleh Haji Kalimullah Khan pada 1987. Ia memotong cabang dari pohon mangga tunggal dengan mengiris sudut berlekuk ke dalamnya. Dia kemudian menempelkan potongan ranting pohon hibrida baru ke dalam pohon.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan 

Pohon mangga berusia 100 tahun yang mulai dikerjakan Haji Kalimullah Khan pada akhir 1980 diberi nama Al Muquaraar, atau The Resolute, dan menjadi kebanggaan ahli hortikultura India.

Dengan menggunakan teknik sambung varietas, Haji Kalimullah Khan mampu menyulap pohon tersebut menjadi kebun mangga yang menghasilkan tidak kurang dari 300 varietas mangga yang berbeda.

Ia berhasil menciptakan beragam varietas mulai dari Suvarnarekha hingga Tommy Atkins dan Husn-e-Ara. Saat musim panas, pohon mangga Haji Kalimullah Khan yang menakjubkan menampilkan kaleidoskop warna, dari buah berwarna hijau hingga merah, ungu, sampai masih banyak warna lainnya.

Tidak hanya warnanya uang unik, bentuk buah pun beragam. Ada buah yang bentuknya bulat atau lonjong, ada yang berbentuk ginjal, dengan ukuran yang juga bervariasi. Hal ini tentu terlihat normal untuk varietas yang berbeda, tapi uniknya tanaman tersebut tumbuh di pohon yang sama.

Baca juga: Enak dan Sehatnya Smoothies Mangga, Cocok Dinikmati ketika Santai 

Pohon mangga Haji Kalimullah Khan yang unik telah diakui oleh Limca Book of Records India, tetapi tidak semua orang terkesan olehnya. Wakil Presiden Asosiasi Penanam Mangga India DK Sharma mengkritik hasil karya Haji Kalimullah Khan tidak menguntungkan petani.

Sharma mengklaim hasil karya Haji Kalimullah Khan hanya seni tanpa nilai komersial. Tetapi perlu diingat sekali lagi bahwa tidak semua diukur dalam kesuksesan komersial. Haji Kalimullah Khan dan keluarganya menjual beberapa mangga yang ditanam di pertanian mereka dan memberikan 300 buah pohon mangga varietas kepada penduduk setempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini