Keunggulan Tanaman Porang, Tidak Rewel dan Bisa Dipelihara di Hutan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 612 2392033 keunggulan-tanaman-porang-tidak-rewel-dan-bisa-dipelihara-di-hutan-w3s2PzRbKY.jpg Porang (Foto: Inst petani porang)

Tanaman porang saat ini tengah menjadi komoditas yang banyak dilirik oleh masyarakat. Hal ini disebabkan karena harga jualnya yang cukup tinggi sehingga menarik banyak perhatian.

Merangkum dari laman resmi Kementerian Pertanian Republik Indonesia, di pasar ekspor, porang banyak dicari sebagai bahan makanan dan industri obat maupun kecantikan. Manfaat inilah yang menjadi harga porang melambung tinggi.

porang

Sebagaimana diketahui, porang memiliki bahasa latin Amorphophallus Muelleri Blume. Mereka merupakan tanaman dengan jenis umbi-umbian. Porang memiliki toleran naungan hingga 60 persen.

Selain itu porang juga tidak rewel agar mampu bertahan hidup. Mereka dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 hingga 700 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Ada hal yang menjanjikan dari tanaman porang adalah kemampuan mereka yang memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan di bawah naungan tegakan tanaman lain.

Sementara, pembibitan porang dapat dilakukan dari potongan umbi batang maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) dan biji (dari bunga) yang ditanam secara langsung.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini