Korea Selatan Mulai Masuki Gelombang Keempat Pandemi Covid-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 612 2392054 korea-selatan-mulai-masuki-gelombang-keempat-pandemi-covid-19-xyUXd410i9.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KASUS positif Covid-19 memang sudah mengalami penurunan di seluruh dunia, mesi demikian bukan berarti kita bisa mulai tidak waspada. Pasalnya, ketika kita abai untuk menerapkan protokol kesehatan maka bisa saja kasus kembali meningkat.

Seperti Korea Selatan yang kembali mencatatkan peningkatan kasus. Karenanya, Korea Selatan akan memberlakukan kembali larangan klub malam, karaoke bar, dan tempat hiburan malam lainnya untuk buka, seiring meningkatnya kasus aktif Covid-19 di negara tersebut.

Para ahli kesehatan pun melaporkan Korea Selatan berpotensi memasuki gelombang keempat pandemi Covid-19. Kondisi inilah yang membuat Perdana Menteri Chung Sye-kyun mengumumkan kebijakan pelarangan tempat hiburan malam.

Aktivitas tersebut diklaim berkontribusi sangat besar dalam peningkatan kasus Covid-19 di Korea Selatan.

"Tanda-tanda gelombang ke-empat pandemi semakin dekat dan kuat. Kami akan mengatur ulang kebijakan jaga jarak, dan secara aktif mempersiapkan berbagai tindakan khusus," kata Chung seperti dikutip MNC Portal dari Reuters, Jumat (8/4/2021).

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) melaporkan 671 kasus baru, sehari setelah penghitungan harian mencapai level tertinggi sejak awal Januari. Kasus terbanyak diketahui berasal dari komunitas gereja, bar dan pusat kebugaran. Sebagian besar terdeteksi di wilayah Seoul.

Total infeksi Covid-19 di Korea Selatan pun kini meningkat menjadi 108.269, dengan 1.764 kematian.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini