Beredar Kabar Vaksin Covid-19 Lemahkan TNI, Ini Faktanya

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 612 2392081 beredar-kabar-vaksin-covid-19-lemahkan-tni-ini-faktanya-d4WsBVIjiW.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

VAKSIN Covid-19 memang memiliki beberapa efek samping, yang berbeda bagi setiap orang. Tapi yang pasti, sampai saat ini belum ada efek samping vaksin yang menyebabkan kematian.

Tapi, baru-baru ini beredar kabar di media sosial bahwa vaksin Covid-19 tersebut ditujukan untuk melemahkan TNI. Padahal, tidak ada bukti bahwa vaksin melemahkan kekuatan TNI.

Setelah kekuatan TNI melemah setelah di Vaksin,Nakes tumbang maka cina akan mengirim ‘Bantuan’ Nakes dan Tentaranya utk menguasai Indonesia

Lalu rakyat Cina akan di kirim utk menduduki Indonesia Krn penduduk kita SDH punah semua

Akun Instagram dengan nama pengguna loisdr77 mengunggah rangkaian video dan foto hasil tangkapan layar yang menyatakan bahwa vaksin akan melemahkan kekuatan TNI. Unggahan tersebut juga menyertakan video yang mengatasnamakan ET News.

Seperti dikutip dari Covid19.go.id, Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, SpA(K)., Msi, Anggota Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), menegaskan bahwa guna menghambat persebaran Covid-19, sangat dibutuhkan penerapan 3M, 3T, serta vaksinasi yang memiliki cakupan 70%.

Lebih lanjut, WHO melalui situs resminya juga menyatakan bahwa vaksin sangat penting bagi kesehatan masyarakat dan berhasil menyelamatkan nyawa hampir 3 juta orang di dunia tiap tahunnya. Vaksin sendiri bekerja di dalam tubuh manusia untuk membangun sistem imun tubuh, bukan melemahkan.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Instagram dengan nama pengguna loisdr77 tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini