Tips Menanam Porang Buat Dibudidaya, Raup Cuan Yuk!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 612 2392125 tips-budidaya-porang-yang-jadi-primadona-raup-cuan-yuk-0rvt7y5MEg.jpg Budidaya tanaman porang (Foto : Pertanian.go.id)

Menanam tanaman porang tentu bisa menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan. Sebab tanaman herbal yang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian sekira 1,5 meter ini memiliki banyak manfaat dan nilai jual yang sangat tinggi.

Tanaman dengan nama latin Amorphopallusmuelleri tersebut kini tengah menjadi primadona masyarakat. Tak sedikit dari masyarakat yang berencana untuk membudidayakan tanaman porang untuk meraup pundi-pundi keuntungan.

Baca Juga : Keunggulan Tanaman Porang, Tidak Rewel dan Bisa Dipelihara di Hutan

Bagi Anda yang tertarik menanam porang, tentunya tidak bisa sembarangan. Merangkum dari dari Laman Kementerian Pertanian, Jumat (9/4/2021), berikut persiapan yang harus disediakan sebelumnya.

Persiapan menanam porang

Porang

Lokasi terbaik untuk budidaya porang adalah di bawah naungan pepohonan. Namun, di lahan terbuka porang juga bisa tumbuh dengan baik dan normal asal diberi naungan seperti paranet agar intensitas sinar matahari tidak terlalu berlebih.

Adapun persiapan lahan porang adalah:

1. Bersihkan lahan yang akan digunakan dari gulma dan sisa tanaman.

2. Setiap 4 Ha dijadikan 1 blok dan dibuat jalan pemeriksaan selebar 2 m sebagai batas balok.

3. Pemasangan ajir dengan jarak 1 m x 1 m baik untuk umbi maupun untuk katak.

4. Buat jalur menggunakan cangkul selebar 0,5m, untuk bibit yang menggunakan katak yang ditanam pada jalur yang sudah dicangkul.

5. Pembuatan lubang tanam untuk bibit yang menggunakan umbi dengan ukuran lubang sekitar 20x20x20cm.

6. Pemberian pupuk dasar dilakukan sebelum umbi ditanam dengan pupuk bokashi sebanyak 0,5 kg/lubang yang dicampur dengn top soil, sedangkan untuk katak pupuk bokashi dicampur pada tanah sekitar ajir.

Cara Menanam Porang Tanaman porang paling baik ditanam ketika musim hujan, yakni sekira bulan November hingga Desember. Terdapat beberapa tahap untuk menanam porang diantaranya:

1. Bibit yang telah dipilih dimasukkan satu per satu ke dalam lubang tanam dengan letak bakal tunas menghadap ke atas.

2. Untuk setiap lubang tanam diisi 1 bibit porang dengan jarak tanam 1m x 1m.

3. Tutup lubang tanam dengan tanah setebal 3cm

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini