Pangeran Philip Meninggal di Usia 99 Tahun

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 612 2392196 pangeran-philip-meninggal-di-usia-99-tahun-3dxzimbe4f.jpg Pangeran Philip. (Foto: BBC)

SUAMI Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, tutup usia hari ini. Dia meninggal pada usia 99 tahun dan telah dimumkan oleh Istana Buckingham.

"Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu telah mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh," jelas Istana Buckingham dalam keterangannya, seperti dilansir dari BBC.

"Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor," tambah pernyataan tersebut.

Pangeran Philip

Pangeran menikah dengan Putri Elizabeth pada tahun 1947, lima tahun sebelum dia menjadi Ratu, dan merupakan permaisuri kerajaan terlama dalam sejarah Inggris.

Pada bulan Maret, Duke of Edinburgh meninggalkan rumah sakit setelah dirawat selama sebulan. Dia menjalani prosedur untuk penyakit jantung yang sudah ada sebelumnya di rumah sakit London lainnya - St Bartholomew's.

Pangeran Philip dan Ratu memiliki empat anak, delapan cucu dan 10 cicit.

Putra pertama mereka, Pangeran Wales, Pangeran Charles, lahir pada tahun 1948, diikuti oleh saudara perempuannya, Putri Kerajaan, Putri Anne, pada tahun 1950, Adipati York, Pangeran Andrew, pada tahun 1960 dan Earl of Wessex, Pangeran Edward. , pada tahun 1964.

Pangeran Philip lahir di pulau Corfu Yunani pada 10 Juni 1921.

Ayahnya adalah Pangeran Andrew dari Yunani dan Denmark, putra bungsu Raja George I dari Hellenes. Sementara ibunya, Putri Alice, adalah putri Lord Louis Mountbatten dan cicit Ratu Victoria.

Menanggapi hal ini, PM Boris Johnson pun mengatakan Pangeran Philip banyak menginspirasi anak muda. "Dia mengilhami kehidupan banyak orang muda," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini