3 Cara Mengembangbiakkan Porang

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 612 2392254 3-cara-mengembangbiakkan-porang-6BTO2OBFG5.jpg Porang (Foto: Inst porang indonesia)

Tanaman porang berhasil menyita perhatian banyak masyarakat, setelah sukses mengantarkan seorang petani porang di Desa Kepel, Jawa Timur menjadi milarder. Pundi-pundi rupiah yang ia dapatkan berkat usaha ekspor porang yang digelutinya.

Sebenarnya tanaman dengan nama latin Amorphopallusmuelleri cukup mudah untuk dibudidayakan karena sifat tanaman porang yang mudah beradaptasi. Perkembangbiakkan tanaman porang dapat dilakukan secara vegetatif maupun generatif.

Merangkum dari Laman Kementerian Pertanian, Jumat (9/4/2021)terdapat setidaknya tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengembangbiakkan tanaman porang, di antaranya adalah:

 porang

1. Perkembangbiakkan dengan bintil atau katak

Katak adalah bintil berwarna coklat kehitaman yang muncul pada pangkal atau tangkai daun tanaman porang. Dalam 1 kilo katak berisi sekira 100 butir.

Katak biasanya dikumpulkan pada masa panen. Mereka kemudian disimpan hingga memasuki musim penghujan untuk langsung ditanam pada lahan yang telah disiapkan.

2. Perkembangbiakkan dengan biji atau buah

Setiap empat tahun, tanaman porang akan menghasilkan bunga yang akan menjadi buah atau biji. Satu batang buah bisa menghasilkan hingga 250 butir biji. Biji ini dapat digunakan sebagai bibit porang dengan cara disemaikan terlebih dahulu.

3. Perkembangbiakkan dengan umbi

Untuk umbi yang berukuran kecil, cara mendapatkannya dari hasil pengurangan tanaman yang sudah terlalu lebat sehingga perlu untuk dikurangi.

Hasil pengurangan ini dikumpulkan dan selanjutnya dimanfaatkan sebagai bibit. Untuk umbi yang berukuran besar, umbi dipecah-pecah sesuai ukuran yang diinginkan selanjutnya ditanam pada lahan yang telah disiapkan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini