Vitamin C Tidak Hanya dari Jeruk, 8 Buah Ini juga Punya Lho

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Minggu 11 April 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 298 2392401 vitamin-c-tidak-hanya-dari-jeruk-8-buah-ini-juga-punya-lho-MlSzIib5uw.jpg Ilustrasi buah-buahan. (Foto: Lifeforstock/Freepik)

VITAMIN C dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Vitamin yang sederhana ini memiliki sejumlah manfaat besar.

Vitamin C bisa didapat dari buah jeruk. Buah jeruk sendiri dianggap raja vitamin C karena mereka dikenal memiliki vitamin dalam jumlah tinggi.

Tapi, tahukah Anda bahwa ada banyak buah lain yang memiliki banyak kandungan vitamin C selain jeruk? Berikut daftarnya, seperti dirangkum dari laman NDTV, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: Punya Maag, Bolehkan Konsumsi Vitamin C? 

1. Stroberi

Stroberi dikenal karena sifat antioksidannya secara keseluruhan, tetapi buah ini juga merupakan sumber yang kaya vitamin C. Kandungan vitamin C-nya sedikit lebih banyak daripada satu buah jeruk.

Stroberi. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

2. Jambu biji

Buah kuning dan merah biasanya dianggap memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Satu buah jambu biji dengan berat 100 gram memiliki lebih dari 200 mg kandungan vitamin C yang hampir dua kali lebih tinggi dibanding jeruk.

Baca juga: Pentingnya Zat Besi dan Vitamin C untuk Anak Genarasi Maju 

3. Pepaya

Setengah buah papaya jika dimakan mentah-mentah memberikan jumlah vitamin C yang jauh lebih tinggi daripada satu buah jeruk.

4. Nanas

Nanas adalah pembangkit tenaga nutrisi. Buah ini mengandung sejumlah besar vitamin C.

5. Mangga

Mangga secara alami tinggi vitamin C dan beta-karoten. Ini bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh juga. Mangga hijau sebenarnya memiliki lebih banyak kandungan vitamin C daripada mangga kuning atau merah.

6. Kiwi

Satu buah kiwi mengandung hingga 84 mg vitamin C. Kemudian ada juga kandungan vitamin lainnya seperti vitamin K dan E.

Baca juga: Deretan Jus Sumber Vitamin C yang Baik Diminum saat Pandemi Covid-19 

7. Paprika merah dan kuning

Paprika merah dan kuning sangat kaya antioksidan. Ini membantu menjaga kesehatan mata dan jantung. Paprika juga mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi yang meningkatkan tingkat kolagen serta dapat membantu mencegah kanker paru-paru.

8. Brokoli

Brokoli menjadi sayuran yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Brokoli juga merupakan sumber vitamin C alami yang bagus dan membantu memperbaiki jaringan yang rusak serta menjaga kekebalan tubuh tetap sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini