3 Olahraga Ini Bikin Tubuh Langsing, Bakar Kalori Yuk!

Siska Permata Sari, Jurnalis · Sabtu 10 April 2021 08:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 481 2392372 3-olahraga-ini-bikin-tubuh-langsing-bakar-kalori-yuk-6YwiWYbA9X.jpg Bersepeda bantu turunkan berat badan (Foto : Okezone)

Siapa yang tidak menginginkan tubuh langsing dan ideal? Terutama kaum hawa yang sebagian besar di antaranya sangat mempedulikan penampilan.

Namun, untuk memiliki tubuh langsing tidaklah bisa didapatkan secara instan. Anda perlu memperhatikan pola makan Anda sehari-hari dan tentu saja, bergerak.

Selain membantu Anda menurunkan berat badan, dan membentuk tubuh langsing, olahraga telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan lainnya. Di antaranya perbaikan suasana hati, tulang yang lebih kuat, dan penurunan risiko banyak penyakit kronis.

Nah, olahraga apa sih yang membantu menurunkan berat badan dan membuat tubuh langsing? Berikut daftar lengkapnya, seperti dirangkum dari Healthline, Sabtu (10/4/2021).

Jalan kaki

Jalan Kaki

Olahraga pertama yang membantu Anda menurunkan berat badan adalah berjalan kaki. Menurut Harvard Health, diperkirakan orang seberat 70 kg dapat membakar sekitar 167 kalori per 30 menit karena berjalan kaki dengan kecepatan sedang.

Kemudian, sebuah studi 12 minggu pada 20 wanita dengan obesitas menemukan, bahwa berjalan selama 50-70 menit selama 3 kali seminggu, dapat mengurangi lemak tubuh dan lingkar pinggang rata-rata masing-masing 1,5 persen dan 1,1 inci atau 2,8 cm. Jadi, cobalah mulai olahraga berjalan kaki selama 30 menit selama 3–4 kali seminggu.

Baca Juga : Pangeran Philip Meninggal, Ratu Elizabeth II Akan Pakai Busana Hitam Selama Masa Berkabung

Bersepeda

Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga populer yang semakin hits di era pandemi Covid-19 ini. Selain olahraga hits, bersepeda dapat meningkatkan kebugaran Anda dan membantu menurunkan berat badan. Harvard Health memperkirakan bahwa orang dengan berat 70 kg dapat membakar sekitar 260 kalori per 30 menit dengan sepeda statis berkecepatan sedang, dan 298 kalori per 30 menit di sepeda biasa dengan kecepatan sedang.

Tak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, penelitian menemukan bahwa orang yang bersepeda secara teratur memiliki kebugaran yang lebih baik secara keseluruhan, meningkatkan sensitivitas insulin , dan risiko penyakit jantung, kanker, dan kematian yang lebih rendah, daripada dengan mereka yang tidak bersepeda secara teratur.

Berenang

Berenang

Terakhir adalah berenang. Olahraga ini adalah cara yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan dan menjadi bugar. Harvard Health memperkirakan bahwa orang dengan berat70 kg dapat membakar sekitar 233 kalori per setengah jam dengan berenang.

Berenang yang paling bagus untuk membakar kalori adalah dengan gaya kupu-kupu, yang membakar lemak lebih besar daripada gaya renang lainnya seperti gaya punggung, dan gaya dada.

Tak sampai di situ, menurut studi 12 minggu pada 24 wanita paruh baya menemukan, bahwa berenang selama 60 menit 3 kali per minggu dapat secara signifikan mengurangi lemak tubuh, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, termasuk kolesterol total dan trigliserida darah yang tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini