Riwayat Penyakit Pangeran Philip Sebelum Meninggal, Sempat Jalani Serangkaian Operasi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 10 April 2021 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 481 2392408 riwayat-penyakit-pangeran-philip-sebelum-meninggal-sempat-jalani-serangkaian-operasi-rxUyllIOPW.jpg Pangeran Philip (Foto : Honey.Nine)

Pangeran Philip, Duke of Edinburgh telah meninggal dunia di usia 99 tahun pada Jumat 9 April 2021. Istana Buckingham mengonfirmasi bahwa suami Ratu Elizabeth II tersebut  meninggal dunia di Kastil Windsor.

Berita meninggalnya Pangeran Philip muncul kurang dari satu bulan dari rumah sakit. Kala itu ia dirawat di dua rumah sakit London. Pangeran Philip pertama kali dirawat di Rumah Sakit King Edward VII, London pada 16 Februari 2021.

Ia akhirnya dipindahkan ke St Bartholomew's, London untuk menjalani perawatan kesehatannya. Merangkum dari Nine, Sabtu (10/4/2021), Pangeran Philip menjalani operasi yang sukses untuk mengobati kondisi jantungnya.

Pangeran Philip

Pangeran Philip lantas diizinkan pulang ke rumah pada 16 Maret 2021, setelah menjalani satu bulan perawatan. Ini menjadi rekor perawatan terlama di rumah sakit yang dilakukan oleh Pangeran Philip. Alhasil banyak penggemar kerajaan khawatir dengan kesehatan Duke of Edinburgh.

Terakhir kali Pangeran Philip dirawat di rumah sakit yakni pada 2019 beberapa hari sebelum Natal. Sebelum menginjak usia 90 tahunan, masalah kesehatan sudah menyerang Pangeran Philip telah dapat diprediksi.

Baca Juga : Pangeran Philip Meninggal, Ratu Elizabeth II Akan Pakai Busana Hitam Selama Masa Berkabung

Baca Juga : Nostalgia Kisah Cinta 7 Dekade Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II

Lebih dari satu dekade lalu, tepatnya pada 2008, Pangeran Philip dilarikan ke Rumah Sakit King Edward VII, London untuk dirawat karena mengalami infeksi dada. Setelah dirawat selama tiga hari, ia pun kemudian diizinkan kembali ke Kastil Windsor untuk proses pemulihan.

Tiga tahun kemudian tepatnya pada 2011, Pangeran Philip dibawa ke unit kardio-toraks di Rumah Sakit Papworth akibat nyeri dada dan menjalani angioplasti koroner dan pemasangan stent. Ia diizinkan pulang setelah empat hari menjalani perawatan.

Pangeran Philip

Namun ia kembali masuk rumah sakit enam bulan kemudian pada Juni 2012, karena mengalami infeksi kandung kemih dan dirawat selama tiga hari sebelum dipulangkan. Sayangnya infeksi Pangeran Philip kembali muncul pada Agustus 2012 sehingga harus dirawat kembali selama lima hari lagi sebagai tindakan pencegahan.

Pada 2013 ia menjalani operasi di bagian perut, kemudian menjalani prosedur di tangannya pada 2014. pada Juni 2017 ia kembali dirawat di rumah sakit karena infeksi lain. Pangeran Philip pensiun dari tugas publik pada Agustus 2017 di usia 96 tahun.

Pangeran Philip lalu pergi ke Sandringham di mana menghabiskan sebagian besar waktunya. Setelah mundur dari tugasnya , namun kesehatan Duke terus menimbulkan kekhawatiran bagi keluarga dan penggemarnya. Ia menjalani operasi pinggul yang direncanakan di rumah sakit swasta London pada 2018.

Pangeran Philip dirawat di rumah sakit tersebut selama 11 hari sebelum dibebaskan. Kondisi kesehatannya juga dipertanyakan setelah mengalami kecelakaan mobil pada 2019.

"Sampai saat ini dia sangat aktif seperti naik kereta, memancing di Balmoral dan berkeliling perkebunan kerajaan. meskipun dia tidak lagi mengemudi di jalan umum setelah kecelakaannya pada Januari," kata seorang sumber.

Pangeran Philip

Pada Januari 2019, Duke of Edinburgh mengendarai Land Rover ketika dia keluar dari jalan masuk di Sandringham dan menabrak mobil lain. Kecelakaan tersebut menyebabkan mobil Philip terbalik. Kecelakaan itu membuat Pangeran Philip terguncang meskipun tidak terluka.

Ia kemudian secara sukarela menyerahkan SIM-nya, meskipun masih bisa mengemudi di jalan pribadi di properti kerajaan. Sejak saat itu ada spekulasi seputar kesehatan Pangeran Philip. Banyak orang khawatir bahwa usia mulai mempengaruhinya.

Kekhawatiran ini muncul kembali pada akhir tahun 2020. Berita menyebut bahwa Pangeran Philip telah dilarikan kembali ke rumah sakit. Pengumuman itu datang menjelang Natal, namun Ia kembali diizinkan pulang dan keluarga kerajaan meyakinkan publik tentang kesehatannya dalam kondisi baik.

Pada 2021, Pangeran Philip sekali lagi pergi ke Rumah Sakit King Edward VII di London pada 16 Februari 2021 atas saran dari Dokter Kerajaan setelah ia merasa tidak enak badan. Pangeran Philip dibawa ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan.

Pangeran Philip kemudian dipindahkan ke St Bartholomew's, yang merupakan fasilitas yang mengkhususkan diri dalam perawatan jantung. Rumah sakit ini terletak sekira lima kilometer dari istana menggunakan ambulans.

Bangsawan lain dikabarkan telah mengunjunginya, termasuk putranya Pangeran Charles. Sementara di Amerika Serikat (AS) Pangeran Harry kabarnya bakal diisolasi jika kembali ke Inggris untuk melihat kakeknya.

Pangeran Philip

Pada Maret 2021, Istana Buckingham membuat pengumuman lain yang mengungkapkan kepada publik bahwa Pangeran Philip telah menjalani operasi penyakit jantung yang sudah ada sebelumnya.

Istana mengatakan operasi Duke of Edinburgh yang dilakukan di Rumah Sakit St Bartholomew London pada rabu, telah berhasil. "Yang Mulia akan tetap di rumah sakit untuk perawatan, istirahat dan penyembuhan selama beberapa hari," tambah pernyataan itu.

Sayangnya, tidak sampai sebulan, istana kembali mengumumkan bahwa Pangeran Philip telah meninggal dengan damai di Kastil Windsor. Ia berusia 99 tahun dan meninggal hanya dua bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-100.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini