Kemudahan Vaksinasi Covid-19 Bentuk Kesetaraan bagi Penyandang Disabilitas

MNC Media, Jurnalis · Sabtu 10 April 2021 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 481 2392609 kemudahan-vaksinasi-covid-19-bentuk-kesataraan-bagi-penyandang-disabilitas-9oEGF5jE3K.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Staf Khusus Presiden RI, Angkie Yudistia menyebutkan, vaksinasi terhadap disabilitas sudah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Disebutkan vaksinasi Covid-19 terhadap kelompok disabilitas agar tidak tertinggal dari jangkauan pemerintah.

Angkie mengatakan, pada Hari Disabilitas Internasional, Presiden Jokowi menyebut tidak ada satupun yang tertinggal dalam program pemerintah. Lebih lanjut, Angkie menjelaskan, sepanjang tahun 2019-2020 presiden mengesahkan beberapa peraturan, yaitu 7 peraturan pemerintah dan 7 peraturan presiden,

"Itu sebagai peraturan turunan dari UUD no. 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.” Katanya dikutip dari dialog secara virtual pada akun youtube Kementrian Komunikasi dan Informasi, Kamis (8/4/2021)

Staf Khusus Presiden RI

"Artinya 2021 ini adalah bagaimana implementasi. Jadi, jangan sampai peraturan ini menjadi sia-sia agar kelompok rentan ini bisa merasakan seluruh program pemerintah," sambungnya.

Seperti yang diketahui, vaksinasi bagi penyandang disabilitas masih banyak kendala. Di antaranya adalah akses informasi yang terbatas.

“Dengan kita membuat Gerakan Indonesia Bisa. Kita bisa akses informasi, fasilitas, kesehatan dan banyak hal, salah satunya adalah Disabilitas Bisa Vaksin.” Ucap Angkie.

Baca Juga : Cerita Amanda Manopo Nyaris Kena Pelet, Kapok Terima Makanan Sembarangan

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwasanya pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah untuk melakukan vaksinasi kepada penyandang disabilitas agar berjalan dengan baik.

“Prosesnya yang pertama adalah sosialisasi kepada komunitas, sekolah SLB, dan beberapa panti tentang informasi vaksinasi, bahwa di central vaksinasi ini telah membuka untuk teman-teman disabilitas. Langkah selanjutnya adalah pendataan dari tiap penyandang vaksinasi. Yang terakhir adalah proses suntik vaksin, yang terpenting mereka dalam kondisi prima.” Kata Angkie.

Tidak hanya informasi, kemudahan fasilitas pun diberikan kepada penyandang disabilitas untuk menjangkau lokasi vaksinasi Covid-19. Proses vaksinasi yang diberikan kepada penyandang disabilitas pun tidak bedakan namun mendapat perlakuan khusus.

Sementara, Kepala Sekolah SLB/G Yayasan Dwituna Rawinala, Budi Prasodjo mengatakan, mengenai persiapan vaksinasi pihaknya sudah memberikan informasi penjelasan kepada anak disabilitas dimulai dengan sosialiasi. Karena kemampuan anak berbeda-beda dalam memahami sebuah konsep dari informasi,

"Maka dengan bahasa yang sederhana atau pengenalan dengan pendekatan yang menyenangkan agar dapat diterima mereka (penyandang disabilitas).” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini