Mengenal Minyak Atsiri Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 10 April 2021 22:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 481 2392620 mengenal-minyak-atsiri-kaya-manfaat-untuk-kesehatan-hNNyO2uQJM.jpg Ilustrasi. (Foto: Medicaldaily)

MINYAK atsiri atau juga disebut essential oil kaya manfaat untuk kesehatan. Apa saja?

Minyak ini umumnya mengandung senyawa hasil ekstrasi dari berbagai bagian tumbuhan, seperti kelopak bunga, biji, daun, kulit kayu hingga akar. Ekstrak tumbuhan ini melalui proses penyulingan atau distilasi uap untuk menghasilkan minyak yang wangi dan memiliki banyak manfaat.

Karena berasal dari bahan alami, essential oil dipercaya bagus untuk menjaga fungsi tubuh (fisik), emosi serta pikiran agar menjadi lebih baik. Aromanya dapat menenangkan, membangkitkan semangat serta menghilangkan emosi negatif.

Perwakilan Biotanamu Laely Septiana mengatakan, minyak atsiri juga bisa mengobati berbagai macam penyakit dan keluhan hanya dengan cara dibalur. Tidak hanya pada orang dewasa, namun juga aman bagi anak kecil.

"Minyak atsiri, amannya dibalurkan di tengkuk leher, punggung, dada, sela-sela jari, telapak tangan dan telapak kaki. Efeknya juga dibuat tidak panas," katanya.

 Minyak

Pakar Rempah Ary Prihardhyanto menjelaskan, sifat dasar ilmuan harus buktikan secara empiris. Atsiri langsung tak masalah untuk dikonsumsi langsung.

"Atsiri senyawa yg dihasilkan oleh tumbuhan dan mudah menguap. "Minyak atsiri bisa diminum langsung, makanya saya minum langsung," kata Ary.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini