Koleksi Mobil Mewah Pangeran Philip, Satu Masih Tersimpan di Rumah Ratu Elizabeth II

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 10 April 2021 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 612 2392443 koleksi-mobil-mewah-pangeran-philip-satu-masih-tersimpan-di-rumah-ratu-elizabeth-ii-FysGSiYD0u.jpg Mobil Pangeran Philip yang masih tersimpan di Sandringham House (Foto : Gq Magazine)

Kabar duka datang dari Kerajaan Inggris, Pangeran Philip, Duke of Edinburgh telah meninggal dunia di usia 99 tahun pada Jumat 9 April 2021. Istana Buckingham mengonfirmasi bahwa suami Ratu Elizabeth II tersebut meninggal dunia di Kastil Windsor.

Sebagai seorang bergelar bangsawan, tentu kehidupan Pangeran Philip penuh dengan kemewahan dan berbagai macam barang-barang berharga. Salah satu barang penting yang kerap menjadi koleksi keluarga kerajaan adalah mobil mewah.

Merangkum dari GQ Magazine, Sabtu (10/4/2021), almarhum Pangeran Philip memiliki beberapa koleksi mobil mewah dan langka semasa hidupnya. Berikut mobil mewah yang dimiliki oleh Pangeran Philip.

1. Lagonda 3-litre Drophead Coupe (1954)

Mobil Pangeran Philip

Aston Martin Lagonda menjadi mobil kerajaan pertama Pangeran Philip. Drophead Coupe 3 liter Duke Of Edinburgh dilengkapi dengan telepon radio yang ia gunakan untuk membuat panggilan lelucon kepada Pangeran Charles dan Putri Anne.

Baca Juga : Riwayat Penyakit Pangeran Philip Sebelum Meninggal, Sempat Jalani Serangkaian Operasi

Baca Juga : Nostalgia Kisah Cinta 7 Dekade Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan cermin rias ekstra besar sehingga Ratu bisa memeriksa topinya dengan baik. Mobil langka dan unik ini bahkan muncul pada Olimpiade 1956 di Melbourne, setelah dikirim ke Australia dengan Royal Yacht Britannia.

Mobil ini dicat dengan warna yang disebut dengan Edinburgh Green. Mobil itu juga digunakan oleh Ratu dan Pangeran Philip untuk secara resmi membuka M1, yang merupakan jalan raya pertama di Inggris, pada 1959.

Sayangnya Lagonda akhirnya dijual pada 2016 dengan harga 350.000 pounds atau Rp7 miliar atau sekira tiga kali nilai " Drophead 3 liter biasa.

2. Alvis TD21 Series II Drophead Coupe (1961)

Mobil Pangeran Philip

Park Ward dengan bodi alvis yang elegan ini mulai diproduksi pada 1959 dan menarik perhatian Duke Of Edinburgh beberapa tahun kemudian saat berkunjung ke London Motor Show.

Dijelaskan oleh Autocar bahwa pada saat itu Alvis TD21 Series II Drophead Coupe adalah salah satu mobil paling menawan yang bisa dibayangkan. Mobil ini didukung oleh tenaga 115bhp straight-six, sementara Pangeran Philip membayar ekstra untuk upgrade gearbox ZF lima kecepatan.

Ia juga memasangnya secara khusus dengan kaca depan yang lebih tinggi dan atap listrik yang dapat dilipat secara elektrik. Hingga saat ini, mobil mewah pada masanya itu tetap dipajang di Sandringham House yang merupakan kediaman pribadi Ratu Elizabeth II.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini