Wajib Punya SIKM jika Ingin Bepergian saat Lebaran, Simak 3 Ketentuannya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 11 April 2021 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 11 481 2392780 wajib-punya-sikm-jika-ingin-bepergian-saat-lebaran-simak-3-ketentuannya-X1T8KAz2fL.jpg Ilustrasi larangan mudik Lebaran. (Foto: Okezone)

SATGAS Penanganan Covid-19 mengeluarkan surat edaran yang melarang mudik pada Bulan Ramadhan dan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah terhitung 6 hingga 17 Mei 2021. Surat edaran nomor 13 tahun 2021 itu melarang adanya mudik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Pemerintah melarang masyarakat mudik lebaran pada semua moda transportasi yakni darat, kereta api, laut, dan udara. Perjalanan juga dilarang, baik lintas kota, kabupaten, provinsi, maupun negara.

Baca juga: 6 Aktivitas Ini Masih Diperbolehkan Selama Larangan Mudik Lebaran 2021 

Merangkum dari unggahan Instagram akun Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Minggu (11/4/2021), peraturan ini dibuat untuk mengurangi jumlah kasus aktif covid-19 selama masa libur panjang Lebaran.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, saat mobilitas masyarakat meningkat maka terjadi kenaikan tren kasus covid-19 yang juga menyebabkan kenaikan angka kematian. Bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan selama periode peniadaan mudik, maka harus melengkapi persyaratannya.

Masyarakat wajib memiliki surat izin perjalanan atau surat izin keluar masuk (SIKM). Pelaku perjalanan dalam periode yang dimaksud wajib memiliki versi cetak dari surat izin perjalanan tertulis atau SIKM yang dilengkapi tanda tangan dari pimpinan atau kepala desa maupun lurah.

Baca juga: Usai Libur Panjang Kasus Covid-19 Naik, Mau Mudik? Pikir Ulang Lagi 

Surat izin perjalanan atau SIKM memiliki tiga ketentuan, yakni:

1. Berlaku secara individual.

2. Berlaku untuk satu kali perjalanan pergi-pulang.

3. Bersifat wajib untuk pelaku perjalanan usia 17 tahun ke atas.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini