6 Cara Sederhana Atasi Rambut Kering dan Bercabang

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Minggu 11 April 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 11 611 2392825 6-cara-sederhana-atasi-rambut-kering-dan-bercabang-ETXOYxzInC.jpg Ilustrasi rambut kering dan bercabang. (Foto: Wayhomestudio/Freepik)

UDARA kering atau dingin akan memengaruhi kondisi rambut. Jika sudah kering, rambut akan kusam, kering, hingga ujungnya bercabang.

Rambut kering terkadang membutuhkan sedikit perhatian dan kasih sayang. Gunakan produk perawatan yang diformulasikan secara khusus agar tetap sehat dan berkilau.

Tapi apa yang benar-benar membantu mengatasi rambut kering dan ujung bercabang? Simak jawabannya, seperti dinukil dari laman Schwarzkopf, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: 6 Cara Mudah dan Cepat Menata Rambut, Pas jika Sedang Buru-Buru 

1. Gunakan minyak rambut khusus

Minyak rambut bisa cepat mengatasi rambut kering. Ujung kering khususnya dapat dirawat dengan cepat dan mudah dengan minyak rambut. Hanya oleskan minyak ke ujung rambut, tidak perlu ke seluruh bagian. Ini untuk mencegah rambut sangat berminyak.

2. Sampo terbaik untuk rambut kering

Sampo khusus untuk rambut kering memberikan kelembapan, menenangkan kulit kepala, dan meminimalkan rasa gatal. Sampo ini harus digunakan dua sampai tiga kali seminggu. Sampo dengan bahan perbaikan, minyak alami, atau fitur pelembap sangat ideal.

Jika keramas setiap hari, ganti antara sampo yang sangat lembut atau sampo untuk rambut kering secara teratur. Ini akan mencegah kulit kepala mengering.

Rambut wanita. (Foto: Freepic Diller/Freepik)

3. Semprotan pelindung sinar UV

Di musim panas, air asin dan sinar matahari seringkali menjadi penyebab rambut kering. Oleskan pelindung UV khusus sebelum keluar ke bawah sinar matahari. Tidak hanya kulit yang perlu dilindungi dari sinarnya yang berbahaya, rambut juga wajib dilindungi.

4. Masker dan kondisioner

Masker atau kondisioner adalah dasar perawatan rambut. Jika rambut sangat stres, harus mengoleskan produk tanpa bilas secara teratur. Gunakan masker sekali atau dua kali seminggu, tetapi pijat hanya ke ujungnya, bukan akarnya.

Baca juga: Masalah Ketombe dan Minyak di Rambut, Hilangkan dengan 5 Cara Ini 

5. Lebih sedikit gunakan produk rambut

Itu berlaku untuk mencuci, tetapi juga untuk gaya. Sisa gel, hairspray, dan produk lainnya membuat stres dan mengeringkan rambut. Hal yang sama berlaku untuk pencucian yang berlebihan. Saat musim dingin, ketika udara dingin di luar dan udara kering di dalam memengaruhi rambut, Anda harus mengurangi keramas secara teratur.

6. Kurangi penggunaan alat penata rambut

Biarkan rambut mengering secara alami. Dapatkan gelombang lembut dengan mengepang rambut setelah dicuci dan menggunakan semprotan bertekstur. Anda bisa mendapatkan gaya yang ramping atau basah dengan gel. Selalu gunakan produk pelindung panas sebelum mengeringkan, mengeriting, atau meluruskan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini