Jangan Cuci Piring ketika Ada Badai Petir, Ini Bahaya yang Bisa Terjadi

Hantoro, Jurnalis · Minggu 11 April 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 11 612 2392716 jangan-cuci-piring-ketika-ada-badai-petir-ini-bahaya-yang-bisa-terjadi-W83sn8A2cY.jpg Ilustrasi cuci piring. (Foto: Freepik)

ADA fakta yang wajib diketahui semua orang terkait keamanan saat terjadi badai petir di musim hujan. Ternyata seseorang jangan cuci piring ketika ada badai petir, termasuk juga mandi. Pasalnya, ini sangat rentan terjadi sengatan listrik. Demikian diungkapkan Reader’s Digest.

Sebagaimana dilaporkan laman Mentalfloss, petir saat meninggalkan awan akan mengikuti rute tercepat ke tanah. Ini bisa mengenai bingkai dan logam pipa merupakan konduktor terbaik. Jalur tersebut kadang mengarah ke sebuah bangunan.

Baca juga: Musim Hujan Waspada Korsleting Listrik, Ini Cara Mencegahnya 

Petir dapat bergerak melalui rumah tanpa membahayakan orang yang ada di dalamnya, namun tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan cedera serius dalam situasi tertentu. Air di sistem perpipaan rumah sering mengandung kotoran logam yang bersifat konduktif.

Badai petir. (Foto: Unsplash)

Apabila petir datang menyambar rumah saat mencuci piring, muatan listriknya dapat mengalir melalui pipa, air, dan akhirnya sampai di wastafel yang sedang digunakan. Hal yang sama dapat terjadi dengan air dari pancuran kepala.

Baca juga: Musim Hujan Jangan Takut Sakit, Cegah dengan 6 Langkah Ini 

Kemungkinan petir menyambar di dalam atau di luar rumah sangat kecil, sekira 1 banding 775.000. Tapi ini bukan berarti Anda tidak melakukan langkah pencegahan.

Selain menghindari air yang keluar dari pipa, setiap orang juga wajib waspada dari peralatan berkabel selama badai berlangsung. Telepon rumah, mixer, dan pemanggang roti merupakan konduktor potensial.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini