Benarkah Hewan Peliharaan Bagus untuk Perkembangan Anak? Ini Jawabannya

Hantoro, Jurnalis · Minggu 11 April 2021 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 11 612 2392832 benarkah-hewan-peliharaan-bagus-untuk-perkembangan-anak-ini-jawabannya-KuU9gfd0CO.jpg Anak-anak dan hewan peliharaan. (Foto: Freepik)

HEWAN peliharaan sudah menjadi hal yang umum di lingkungan masyarakat. Banyak orang memiliki hewan peliharaan di rumahnya. Mulai burung, ayam, kucing, anjing, ikan, dan sebagainya.

Orang-orang menganggap hewan peliharaan layaknya teman sejati. Ini terutama terjadi pada anak kecil yang menjadikan hewan peliharaannya sebagai rekan bermain dan sebagainya.

Baca juga: Peneliti Ungkap Penyebab Burung Hantu Mampu Memutar Kepala hingga 270 Derajat 

Di mata anak-anak, hewan peliharaan bisa dianggap sebagai anggota keluarga. Bahkan penelitian menunjukkan dalam keadaan sulit, anak lebih cenderung meminta bantuan kepada peliharaan daripada saudaranya sendiri. Ini juga membantu anak untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Penemuan tersebut datang dari Matt Cassels PhD yang merupakan mahasiswa psikiatri di University of Cambridge. Dia menganalisis data dari studi longitudinal 10 tahun yang disebut Toddlers Up Project. Cassels meneliti perkembangan sosial dan emosional anak-anak usia 2 hingga 12 tahun.

Anjing. (Foto: Alvan Nee/Unsplash)

Penelitian ini berfokus pada anak dengan kognitif rendah. Meneliti bagaimana hubungan mereka dengan keluarga, teman sebaya, guru, serta hewan peliharaannya.

Sebagaimana dilaporkan laman Mentalfloss, penelitian ini mengungkap hewan peliharaan memiliki efek yang mendalam dan mungkin tidak terduga pada keterampilan sosial anak-anak. Mereka cenderung mengandalkan hewan peliharaan lebih dari teman sebayanya untuk mendapat dukungan.

Baca juga: Inilah Monk, Kucing Vampir yang Tampak Seram tapi Menggemaskan 

Anak perempuan yang memiliki hewan peliharaan, terutama anjing, lebih sering memercayainya ketimbang saudara sendiri. Anak-anak yang terikat dengan hewan peliharaan juga lebih baik dalam situasi sosial, membantu orang lain, bekerja sama, berbagi, dan berinteraksi. Hal ini meningkatkan kemampuan anak untuk terhubung dengan orang lain.

Hewan peliharaan juga terbukti dapat meningkatkan rasa kasihan atau empati, harga diri, dan mengurangi stres anak. Penelitian Cassels menunjukkan bahwa hubungan manusia dengan hewan sama halnya berhubungan antara sesama manusia.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini