7 Langkah Aman yang Harus Dilakukan jika Terjadi Gempa Besar seperti di Malang

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 11 April 2021 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 11 612 2392890 7-langkah-aman-yang-harus-dilakukan-jika-terjadi-gempa-besar-seperti-di-malang-Ku4eVQ5HBl.jpg Ilustrasi gempa Malang. (Foto: Okezone)

GEMPA bumi merupakan salah satu bencana alam yang banyak menelan korban, baik itu korban luka-luka hingga meninggal dunia. Baru-baru ini, tepatnya pada Sabtu sore kemarin, wilayah Malang di Provinsi Jawa Timur dilanda gempa berkekuatan magnitudo 6,7.

Lalu pada hari ini, Minggu 11 April 2021, kembali terjadi gempa susulan sebanyak delapan kali di wilayah Jawa Timur.

Baca juga: Malang Diguncang Gempa, Kenali Risiko Cedera yang Dapat Terjadi 

Melihat fenomena tersebut, penting untuk mengetahui bagaimana cara mencegah terjadinya cedera akibat gempa bumi. Ada beberapa langkah yang perlu diketahui agar tetap aman selama dan setelah gempa bumi terjadi.

Berikut langkah-langkah aman yang dapat dilakukan jika ada gempa bumi, seperti telah MNC Portal rangkum, Minggu (11/4/2021).

1. Jangan panik

Saat gempa terjadi, sebaiknya jangan panik dan tetap tenang. Jika diberada di dalam ruangan, tetaplah di dalam. Namun jika berada di luar, tetaplah di luar.

2. Bersembunyi di bawah meja

Jika berada di dalam ruangan, berdirilah di dinding dekat pusat bangunan, di ambang pintu, atau amannya adalah merangkak ke bawah furnitur berat seperti meja. Disarankan juga untuk menjauhi jendela dan pintu luar.

Baca juga: Gempa di Jatim, Jokowi: Lakukan Langkah-Langkah Tanggap Darurat! 

3. Jauhi bangunan saat berada di luar ruangan

Jika berada di luar ruangan, jauhi kabel listrik atau apa pun yang mungkin jatuh. Jauhi juga bangunan karena barang bisa berjatuhan dari gedung atau gedung bisa runtuh menimpa tubuh.

4. Hentikan kendaraan

Apabila berada di dalam kendaraan, segera hentikan lajunya dan tetap di dalamnya sampai gempa berhenti. Ketika berada di mobil, jauhi juga bangunan-bangunan yang mungkin roboh dan menimpa sekitar.

5. Gunakan tangga darurat

Jika berada di kantor atau pusat perbelanjaan, sebaiknya tidak menggunakan elevator karena ini mungkin saja macet. Jadi, disarankan menggunakan tangga darurat.

Baca juga: Kunjungi Malang, Khofifah: Balai Desa Jadi Tempat Berlindung Jika Ada Gempa Susulan 

6. Ikuti intruksi atau perencanaan darurat yang ada

Bila berada di sekolah, kantor, atau tempat-tempat tertentu, ikuti rencana darurat atau instruksi dari penanggung jawab setempat.

7. Jauhi bangunan yang rusak dan pantai

Setelah gempa terjadi, jauhi bangunan atau area yang rusak. Dianjurkan juga untuk tidak pergi ke pantai setelah gempa terjadi, sebab dikhawatirkan akan ada tsunami atau gempa susulan yang mengakibatkan tsunami.

Imbas Gempa Dahsyat, Ratusan Rumah di Lumajang Porak Poranda

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini