Minuman yang Boleh dan Tidak Dikonsumsi Selama Berpuasa agar Tetap Sehat

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 12 April 2021 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 298 2393351 minuman-yang-boleh-dan-yang-jangan-dikonsumsi-agar-tetap-sehat-selama-berpuasa-t60W57L9sI.jpg Minum (Foto: Medical News Today)

Saat berpuasa selama kurang lebih 12 jam selama full satu bulan di bulan Ramadan, agar tubuh tetap nyaman, sehat, dan berenergi kita bukan hanya wajib menjaga asupan makanan. Tetapi pastinya juga asupan minuman yang dikonsumsi saat sahur, berbuka puasa dan di malam hari.

Salah pilih jenis minuman, bisa membuat tubuh malah jadi kekurangan cairan alias dehidrasi yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara umum.

puasa

Saat berpuasa, idealnya kita wajib mengonsumsi jenis minuman yang tepat. Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, seperti dikutip The News, Senin (12/4/2021) kita dianjurkan untuk meminum air hangat daripada air dingin, terutama di waktu santap sahur di pagi hari. Tujuannya untuk membantu kerja sistem pencernaan.

Begitu juga saat buka puasa, buka puasa dengan air mineral memastikan bahwa kita mendapatkan sumber hidrasi terbaik ke dalam tubuh sebelum terganggu oleh makanan.

Selain air mineral, disebutkan kita juga bisa mengonsumsi air irisan lemon atau air mineral dengan tambahan daun mint untuk memberikan efek rasa manis dan meningkatkan hasrat untuk minum. Namun air mineral tetap dikatakan jadi pilihan minuman yang terbaik untuk dikonsumsi.

Lalu bagaimana dengan jenis minuman yang sebaiknya dihindari?

Mengutip Healthline yang sudah ditinjau oleh Dr. Grant Tinsley, Strength & Conditioning Specialist (CSCS) sekaligus ahli gizi olahraga, beberapa jenis minuman yang disarankan untuk dihindari saat puasa ialah minuman bersoda, teh manis, sport drinks, kopi dengan susu, krim dan gula, smoothies, susu, dan minuman beralkohol.

Minuman berkafein dan stimulan contohnya, kopi, teh, dan kola diketahui punya efek diuretik dan meningkatkan tubuh jadi kehilangan cairan. Sementara, minuman tinggi kalori lainnya bisa membuat berat badan bertambah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini