Antar 2 Lansia Vaksinasi, Anak Muda Dapat Jatah Suntik Vaksin Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 12 April 2021 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 481 2393108 antar-2-lansia-vaksinasi-anak-muda-dapat-jatah-suntik-vaksin-covid-19-hU0OmJiiH9.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Lanjut usia (Lansia) merupakan kelompok yang sangat rentan terinfeksi Covid-19. Oleh sebab itu vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu cara terbaik untuk melindungi lansia dari paparan Covid-19. Meski demikian, lansia memiliki tantangan tersendiri untuk bisa mendapatkan vaksin, oleh sebab itu para kelompok muda diimbau untuk turut serta menyukseskan vaksinasi lansia ini.

Para lansia biasanya mengalami kesulitan untuk mendaftar vaksin secara mandiri dan membutuhkan bantuan seseorang untuk mengatarkan mereka ke sentra vaksinasi terdekat. Oleh sebab itu, peran serta kelompok muda sangat diperlukan dalam kasus ini.

Vaksinasi Lansia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes), memberikan kesempatan bagi para pendamping berusia 18-59 tahun yang bisa membawa dua orang lansia juga bisa mendapatkan kesempatan untuk vaksinasi Covid-19 juga.

Baca Juga : Vaksinasi Lansia Jauh dari Target, Kemenkes Ungkap 5 Alasannya

Baca Juga : Cara Anak Muda Bantu Kelompok Lansia untuk Vaksinasi Covid-19

Sebagaimana dilansir laman Instagram Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), Senin (12/4/2021), lansia merupakan kelompok paling berisiko saat terinfeksi Covid-19, bahkan tingkat kematiannya bisa mencapai angka 50 persen. Selain itu lansia juga berisiko mengalami sakit parah apabila terpapar Covid-19 karena daya tahan tubuhnya yang mulai melemah.

“Oleh sebab itu sebagai anak muda, kita harus berpartisipasi aktif untuk melindungi orangtua dan kakek nenek kita dari Covid-19,” tulis unggahan tersebut.

Seseorang hanya perlu mendaftar secara online agar dapat mendapatkan vaksin Covid-19. Jangan lupa untuk membawa Kartu Tanda Pengenal (KTP) serta datang sesuai jadwal di sentra vaksinasi terdekat di kota Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini