Kapan Waktu Terbaik Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 12 April 2021 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 481 2393121 kapan-waktu-terbaik-vaksinasi-covid-19-dosis-kedua-BuT0ZNg6SF.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Pemerintah Indonesia telah memulai program Vaksinasi Covid-19 sejak 13 Januari 2021. Saat ini terdapat dua jenis vaksin yang berhasil didatangkan oleh pemerintah Indonesia dan diberikan ke masyarakat. Dua vaksin Covid-19 tersebut adalah Sinovac yang berasal dari China, dan AstraZeneca dari Inggris.

Tentunya kedua vaksin ini memiliki sejumlah perbedaan meski fungsinya sama-sama untuk melindungi tubuh dari infeksi Covid-19. Salah satunya adalah rentang waktu penyuntikan vaksinasi Covid-19 dosis kedua.

Sebagaimana diketahui, vaksin Sinovac yang pertama kali didatangkan pemerintah pada awal Desember 2020 berbasis inactivated virus, atau virus yang telah dimatikan, sehingga aman untuk digunakan. Secara kinerjanya, vaksin Sinovac bekerja secara konvensional.

Vaksinasi Covid-19

Mereka bekerja dengan memaparkan tubuh pada virus mati yang telah diobati dengan panas, bahan kimia atau radiasi sehingga tidak dapat menginfeksi sel dan menggandakannya. Tujuannya untuk memicu respons kekebalan tubuh.

Sementara AstraZeneca memiliki basis teknologi viral vector, yakni menggunakan virus yang tidak berbahaya, yang disebut vektor. Fungsinya adalah untuk mengirimkan sebagian kecil materi genetik Covid-19 ke dalam sel tubuh. Materi genetik ini kemudian akan bereplikasi untuk memicu respons imun dan produksi antibodi.

Baca Juga : 5 Gaya Sepupu Raffi Ahmad, Alshad Ahmad yang Tajir Melintir Lagi Cari Istri!

Baca Juga : Wasiat Terakhir Pangeran Philip: Aku Mau Meninggal di Rumah

Merangkum dari laman Instagram resmi Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) @kemenkes_ri, Senin (12/4/2021), perbedaan rentang waktu penyuntikkan yang dimiliki setiap vaksin merupakan proses di mana vaksin dapat membentuk antibodi maksimal dalam tubuh manusia.

Vaksin Sinovac hanya membutuhkan waktu 28 hari setelah menerima dosis pertama, sementara vaksin AstraZeneca membutuhkan waktu yang jauh lebih lama yakni hingga 12 minggu setelah menerima penyuntikkan vaksin dosis pertama.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini