7 Langkah Sehat Berpuasa bagi Penderita Maag

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Senin 12 April 2021 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 481 2393200 7-langkah-sehat-berpuasa-bagi-penderita-maag-7VM3lieS96.jpg Ilustrasi penderita maag. (Foto: Shutterstock)

PUASA Ramadhan sudah di depan mata. Saatnya seluruh umat Islam mulai mempersiapkan diri, jasmani maupun rohani.

Tapi bagaimana bagi orang-orang yang menderita penyakit dalam berpuasa? Misalnya penderita maag, apakah ada tips sehatnya?

Tenang saja, ternyata ada langkah sehat berpuasa bagi penderita maag. Jadi, penderita maag akan tetap sehat meski tidak makan dan minum mulai subuh hingga waktu magrib.

Dirangkum dari video kanal YouTube Clarin Hayes, Senin (12/4/2021), berikut tips sehat berpuasa bagi penderita maag.

Baca juga: Bulan Puasa, 5 Makanan Tradisional Ini Akan Mudah Ditemui 

1. Jangan telat sahur

Telat makan sahur dapat membuat lambung bekerja lebih keras. Hal ini yang akan membuat kondisi lambung menjadi sakit. Lalu jangan sampai tidak makan sahur. Jadi usahakan bangun tepat waktu supaya bisa makan lebih santai dan perut menjadi tidak sakit.

Sakit maag. (Foto: Shutterstock)

2. Jangan langsung tidur setelah makan

Kebiasaan tidur setelah makan dapat menyebabkan reflux asam lambung, terutama bagi penderita GERD. Hal ini dapat membuat otot antara lambung dengan tenggorokan sudah tidak bagus. Beri jeda waktu kurang lebih dua jam untuk tidur.

3. Jangan makan terburu-buru dan terlalu banyak saat buka puasa

Waktu buka puasa rasanya ingin menyantap semua makanan dengan cepat. Tetapi hal ini tidak baik bagi penderita maag. Ada baiknya makan dengam porsi sedang tetapi sering. Makanlah secukupnya namun tidak berlebihan.

Baca juga: 10 Cara Efektif Jaga Kesehatan saat Puasa di Musim Pancaroba 

4. Perhatikan pantangan makanan

Bagi penderita maag, terdapat beberapa pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Bagi penderita maag, dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan pedas, asam, panas, dan terlalu dingin saat lambung masih kosong. Hal ini dapat melukai saluran pencernaan, dan akan memperparah Gastritis atau Peptic Ulcer Disease (PUD).

5. Rajin minum obat

Untuk penderita maag yang harus mengonsumsi obat, selama bulan puasa obat maag tetap dapat diminum. Mengonsumsi obat maag dapat diminum 30 menit sebelum makan saat sahur, atau sesudah memakan takjil saat buka puasa sebelum dilanjut dengan makan besar.

Baca juga: Sambut Bulan Ramadhan, Ini Panduan Puasa di Masa Pandemi 

6. Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol telah terbukti dapat memicu dispepsia dan reflux asam lambung. Merokok juga dapat memperlambat pemnyembuhan dari ulkus.

7. Minum cukup air putih

Selama bulan puasa, kita akan kekurangan cairan. Maka dari itu saat sahur minumlah cukup air dan penuhilah kebutuhan mineral tubuh saat berbuka puasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini