Dokter Buktikan Jam Sahur Sesuai Sunah Rasulullah Paling Tepat untuk Kesehatan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 12 April 2021 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 481 2393241 dokter-buktikan-jam-sahur-sesuai-sunah-rasulullah-paling-tepat-untuk-kesehatan-b9XsdEjXmo.jpg Sahur dengan keluarga (Foto: Brain world magazine)

Ada sebagian orang mengakali supaya tidak bangun dini hari untuk sahur Ramadhan dengan makan sebelum tidur malam. Trik ini apakah diperbolehkan dari kacamata medis?

Pakar Kesehatan Prof Ari Fahrial Syam menjelaskan bahwa jam sahur sesuai dengan sunah yang diajarkan Rasulullah saja. Ada baiknya umat Muslim yang berpuasa di bulan Ramadhan sahur di waktu mendekati Imsak. Tidak kemudian sahur selain waktu tersebut.

sahur

"Saya tidak menganjurkan sahur di waktu malam hari sebelum tidur. Waktu sahur terbaik itu adalah mendekati Imsak sesuai sunah Rasulullah," kata Prof Ari dalam Webinar, Senin (12/4/2021).

Bukan tanpa alasan, jika ditarik kepada alasan medis mengenai hal tersebut, Prof Ari menjelaskan bahwa puasa di Indonesia itu sekitar 14 jam sehari dan ini adalah waktu yang ideal untuk tubuh tak menerima asupan makanan atau minuman apapun.

Sebab, waktu 14 jam itu menurut studi yang dilakukan FKUI, tubuh hanya menghancurkan lemak, tidak sampai protein. Sehingga metabolisme tubuh tidak akan rusak, yang pada akhirnya membuat daya tahan tubuh tetap baik.

"Lain cerita kalau misalnya sahur sudah sejak pukul 9 atau 10 malam sehari sebelum waktunya sahur, ini akan memperpanjang durasi puasa dan jika melebihi 14 jam, dikhawatirkan bukan hanya lemak yang hancur, tetapi protein juga bisa ikut hancur," paparnya.

Secara alamiah, tubuh akan menghancurkan lemak ketika tidak ada asupan yang masuk sama sekali. Ketika seluruh lemak dalam tubuh hancur, maka secara otomatis tubuh akan mengambil cadangan energi dari protein supaya tubuh tetap bisa aktif.

"Kalau protein sampai ikutan hancur, ini akan membuat daya tahan tubuh rusak. Kalau sudah begitu, tentu akan mudah diserang penyakit. Karena itu, tidak dianjurkan untuk sahur di waktu malam sebelum tidur. Ikutin sunah Rasulullah karena itulah yang terbaik buat tubuh kita," tambah Prof Ari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini